ANALISIS IMPLEMENTASI BUDAYA RELIGIUS DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMK FARMASI CENDIKIA FARMA HUSADA KOTA BANDAR LAMPUNG

ATIKA, PUTRI PRATIWI SIHALOHO (2023) ANALISIS IMPLEMENTASI BUDAYA RELIGIUS DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMK FARMASI CENDIKIA FARMA HUSADA KOTA BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (8MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL ATIKA PUTRI .pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK ANALISIS IMPLEMENTASI BUDAYA RELIGIUS DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMK FARMASI CENDIKIA FARMA HUSADA KOTA BANDAR LAMPUNG Oleh Atika Putri Pratiwi Sihaloho Budaya religius di lembaga pendidikan pada hakikatnya adalah terwujudnya nilai-nilai ajaran agama sebagai tradisi dalam berperilaku dan berbudaya organisasi yang diikuti oleh seluruh civitas akademika Masih ada kejadian menyimpang seperti halnya kenakalan remaja yang dilakukan peserta didik di sekolah mulai dari budaya mencontek, perkelahian antar pelajar, tawuran, plagiasi, siswa berkelahi , membolos dan tindakan amoral lainnya. Istilah anak zaman now yang hanya memanfaatkan untuk kesenangan pribadi menimbulkan kebiasaan buruk. Mengingat pentingnya pembentukan karakter peserta didik agar tertanam dalam diri generasi penerus bangsa yang lebih bermoral. Pada skripsi ini digunakan pendekatan deskrptif kualitatif. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research). Lokasi penelitian ini berada di Sekolah Menengah Kejuruan Swasta Farmasi Cendikia Farma Husada yang terletak di jalan Pulau Enggano no.99, Perumahan Tirtayasa Kecamatan Sukabumi, Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Temuan penelitian bahwasannya terdapat implementasi budaya religius di SMK Farmasi Cendikia Farma Husada Kota Bandar Lampung. Mulai dari Penerapan Program 6 S, Berdoa Sebelum dan Sesudah Belajar, Time For Reading Al-Qur''an, Pembacaan Al-Matsurat, Sholat Dzuhur berjamaah Infaq/sedekah Jum'at, Cefada Peduli, Program Pembinaan Keagamaan ESQ. Dapat ditarik kesimpulan dengan menerapkan serta membiasakan budaya religius mampu membentuk dan meningkatkan karakter peserta didik.Berdasarkan pada hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti di SMK Farmasi Cendikia Farma Husada Kota Bandar Lampung, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: Implementasi budaya religius di SMK Farmasi Cendikia Farma Husada Kota Bandar Lampung sudah baik dimana implikasinya dapat dilihat langsung oleh seluruh warga sekolah walauppun ada faktor penghambat. rekomendasi tak lain bagi guru diharapkan mampu memantau dan mengoptimalkan pengimplementasian dari tiap tiap wujud budaya religius. dan bagi peserta didik tingkatkan lagi antusiasme dalam pelaksanaan budaya religius di sekolah. Kata kunci : Analisis Implementasi , Budaya Religius, Karakter Peserta Didik iii ABSTRACT ANALISIS IMPLEMENTASI BUDAYA RELIGIUS DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMK FARMASI CENDIKIA FARMA HUSADA KOTA BANDAR LAMPUNG By Atika Putri Pratiwi Sihaloho Religious culture in educational institutions is essentially the realization of the values of religious teachings as a tradition in behavior and organizational culture that is followed by the entire academic community. brawls, plagiarism, student fights, truancy and other immoral acts. The term today's children who only use it for personal pleasure creates bad habits. Given the importance of forming the character of students so that they are embedded in the next generation of a more moral nation. This thesis uses a qualitative descriptive approach. This research is a type of field research. The location of this research is at Cendikia Farma Husada Pharmacy Private Vocational High School which is located on Jalan Pulau Enggano no.99, Tirtayasa Housing, Sukabumi District, Bandar Lampung City, Lampung Province. Data collection techniques using interviews, observation and documentation. test the validity of the data using triangulation of sources and techniques. The research findings show that there is an implementation of religious culture at Cendikia Farma Husada Pharmacy Vocational School, Bandar Lampung City. Starting from the Implementation of the 6 S Program, Praying Before and After Learning, Time For Reading Al�Qur''an, Reading Al-Matsurat, Dzuhur Prayer in congregation of Friday Infaq/alms, Cefada Cares, ESQ Religious Development Program. It can be concluded that applying and familiarizing religious culture is able to shape and improve the character of students. Based on the results of research conducted by researchers at Cendikia Farma Husada Pharmacy Vocational School, Bandar Lampung City, the following conclusions can be drawn: Implementation of religious culture at Cendikia Farma Pharmacy Vocational School Husada of Bandar Lampung City is good where the implications can be seen directly by all school members even though there are inhibiting factors. recommendations for none other than teachers are expected to be able to monitor and optimize the implementation of every form of religious culture. and for students to increase enthusiasm in the implementation of religious culture in schools. Keywords: Analysis Implementation, Religious Culture, Student Character

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Jul 2023 03:11
Last Modified: 21 Jul 2023 03:11
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28985

Actions (login required)

View Item View Item