ANALISIS FIQH SIYASAH TERHADAP PENERAPAN SISTEM DEMOKRASI DALAM PEMILIHAN KEPALA DESA (Studi di Desa balerejo Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur)

Desy, Hawani (2023) ANALISIS FIQH SIYASAH TERHADAP PENERAPAN SISTEM DEMOKRASI DALAM PEMILIHAN KEPALA DESA (Studi di Desa balerejo Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of DESY FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Pemilihan kepala desa merupakan wujud dari kebebasan berserikat dan pemilu merupakan salah satu usahauntuk memengaruhi rakyat secara persuasif (tidak memaksa). Tapi demokrasi juga mempunyai sistem dan etika dalam cara penyampaian aspirasi hak pilih, proposional dan mengkritik pada tempatnya, sehingga tidak asal-asalan. Namun dalam praktiknya di Desa Balerejo tidak mudah terselenggaranya karena kurangnyapartisipasi dalam pemilihan kepala desa seperti golput yang membuat masyarakat tidak mementingkan pemilihan kepala desa tersebut dan lebih mementingkan pekerjaannya dibandingkan ikut serta berpartisipasi.Permasalahan yang hendak di teliti dalam skripsi ini bagaimana penerapansistem demokrasi dalam pemilihan kepala Desa Balerejo Kecamatan Batanghari kabupaten Lampung Timur?Bagaimana analisis fiqh siyasah terhadap penerapansistem demokrasi dalam pemilihan kepala desa tersebut? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah ingin mengetahui penerapansistem demokrasi dalam pemilihan kepalaDesa Balerejo Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur dan ingin mengetahui analisis fiqhsiyasah terhadap penerapansistem demokrasi dalam pemilihan kepala desa tersebut.Adapun metode yang dipergunakan dalam penelitian jenis lapangan (fieldResearch) yaitu penelitian yang dilakukan secara langsung terhadap peristiwa dan data-data lapangan.Wawancara dilakukan dengan kepala desa, ketua pelaksana panitia pemilu, aparat desa dan warga desa. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan sistem demokrasi dalam pemilihan kepala Desa Balerejo Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur sudah tewujud walaupun tidak sepenuhnya dari jumlah hak pengguna suara hanya suara sah, karna masih ada beberapa warga yang tidak turut serta dalam pemilu yaitu golput mereka menganggap semua yang mencalonkan diri sebagai kepala desa itu sama saja sehingga tidak memperdulikan padahal itu semua sangat penting untuk kemajuan Desa Balerejo ke depan nya. Melalui demokrasi dapat memberikan kebebasan untuk berpendapat atau menyuarakan hak pilihnya tetapi demokrasi harus tetap dalam kerangka etika agar tidak jadi demokrasi yang keterlaluan. iv Tanpa adanya sistem demokrasi dalam pemiihan kepala desa tersebut akan terjadi kacau. Analisis fiqhsiyasah terhadap implementasi sistem demokrasi dalam pemilihan kepala Desa Balerejo Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur dapat dibenarkan sebab tidak terdapat hal-hal yang melanggar ajaran islam

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Jul 2023 03:01
Last Modified: 21 Jul 2023 03:01
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28983

Actions (login required)

View Item View Item