PENERAPAN TEKNIK KONSELING SELF MANAGEMENT DALAM MENINGKATKAN PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK SMP NEGERI 7 TULANG BAWANG BARAT TAHUN AJARAN 2022/2023

ALVIO, LORENZA SAVITRI (2023) PENERAPAN TEKNIK KONSELING SELF MANAGEMENT DALAM MENINGKATKAN PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK SMP NEGERI 7 TULANG BAWANG BARAT TAHUN AJARAN 2022/2023. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI ALVIO LORENZA SAVITRI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Percaya diri adalah keyakinan yang dimiliki oleh seseorang akan segala kemampuan yang dimilikinya. Problem kepercayaan diri yang terjadi pada peserta didik tidak bisa dibiarkan begitu saja karena akan menghambat berbagai tugas perkembangannya dan akan berdampak negatif terhadap peserta didik maka dari itu guru bimbingan dan konseling harus memaksimalkan perannya dan memberikan berbagai layanan konseling agar dapat mengentaskan permasalahan ini, dalam rangka mencapai perkembangan diri yang optimal bagi peserta didik perlu adanya bidang pelayanan pendidikan, salah satunya dengan pelayanan teknik konseling self management. Tujuan diadakan penelitian ini untuk menganalisis dan mendeskripsikan pelaksanaan layanan teknik konseling self management dalam meningkatkan percaya diri peserta didik kelas VIII F di SMP Negeri 7 Tulang Bawang Barat. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif, dengan desain penelititian studi kasus. Prosedur pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Partisipan dalam penelitian ini adalah guru Bimbingan dan Konseling serta peserta didik kelas VIII F SMP Negeri 7 Tulang Bawang Barat, untuk memunculkan subjek dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan hasil subjek penelitian ada 5 (lima) peserta didik kelas VII F yaitu FAB, GAB, RS, SL dan FSM. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah terdapat tahapan-tahapan pada perencanaan pelaksanaan teknik konseling self management dalam meningkatkan percaya diri peserta didik, yakni dalam perencanaan konseling individual terdapat identifikasi kebutuhan akan layanan teknik. Tahap pelaksanaan teknik konseling self management terdapat tahap awal yakni topik netral atau salam pembuka, tahap inti yakni menjelaskan mengenai materi yang akan disampaikan dan tujuan, serta manfaat di dalam pelaksanaan layanan, dan tahap akhir yakni memberikan apresiasi kepada peserta didik atas partisipasi nya pada saat berlangsungnya layanan. Kata Kunci: Teknik Konseling, Self Management, Percaya Diri iii ABSTRACT Confidence is the belief that a person has of all the abilities he has. The problem of self-confidence that occurs in students cannot be left alone because it will hinder various developmental tasks and will have a negative impact on students, therefore guidance and counseling teachers must maximize their role and provide various counseling services in order to solve this problem, in order to achieve optimal self-development for students needs a field of educational services, one of which is the service of self-management counseling techniques. The purpose of this research was to analyze and describe the implementation of self-management counseling technique services in increasing the self-confidence of class VIII F students at SMP Negeri 7 Tulang Bawang Barat. This research is included in the type of qualitative research, with a case study research design. Data collection procedures using interviews, observation and documentation. The participants in this study were Guidance and Counseling teachers and students in class VIII F of SMP Negeri 7 Tulang Bawang Barat. To bring up the subjects in this study, a purposive sampling technique was used with the results of the research subject being 5 (five) students in class VII F, namely FAB, GAB , RS, SL and FSM. The results obtained in this study are that there are stages in planning the implementation of self-management counseling techniques in increasing student confidence, namely in planning individual counseling there is an identification of the need for technical services. The stage of implementing self-management counseling techniques has the initial stage, namely neutral topics or greetings, the core stage, namely explaining the material to be delivered and the objectives, as well as the benefits in implementing the service, and the final stage, namely giving appreciation to students for their participation during the event. service. Keywords: Counseling Techniques, Self Management, Self Confidence

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Jul 2023 02:59
Last Modified: 21 Jul 2023 02:59
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28982

Actions (login required)

View Item View Item