PENGARUH STRATEGI PEMASARAN, PRESEPSI KUALITAS DAN PERIKLANAN TERHADAP PERILAKU KONSUMEN BERBELANJA DI PUTRA BARU (PB) SWALAYAN KOTA METRO PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

RISKA, TRIAMALIA (2023) PENGARUH STRATEGI PEMASARAN, PRESEPSI KUALITAS DAN PERIKLANAN TERHADAP PERILAKU KONSUMEN BERBELANJA DI PUTRA BARU (PB) SWALAYAN KOTA METRO PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Masters thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Cover s.d bab 2 Tesis Riska Triamalia.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of RISKA TRIAMALIA _tesi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Persaingan yang ketat antar perusahaan membuat para pelaku dunia bisnis berani tampil beda dari para pesaingnya. Setiap perusahaan atau produk harus mampu bertahan hidup, bahkan dapat terus berkembang. Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) Apakah strategi pemasaran berpengaruh terhadap perilaku konsumen di Putra Baru (PB) Swalayan Kota Metro Perspektif Ekonomi Islam ?, 2) Apakah presepsi kualitas berpengaruh terhadap perilaku konsumen di Putra Baru (PB) Swalayan Kota Metro Perspektif Ekonomi Islam ?, 3) Apakah periklanan berpengaruh terhadap perilaku konsumen di Pasar Baru (PB) Swalayan Kota Metro Perspektif Ekonomi Islam ?, 4) Apakah strategi pemasaran, presepsi kualitas dan periklanan berpengaruh secara simultan terhadap perilaku konsumen di Putra Baru (PB) Swalayan Kota Metro?. Sifat penelitian ini adalah bersifat deskriptif, sedangkan jenis penelitian ini adalah jenis data kuantitatif. Metode pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah: Metode Angket, angket ditujukan kepada konsumen yang berbelanja di Pasar Baru (PB) Kota Metro. Metode Wawancara, peneliti akan melakukan wawancara kepada pihak manajer dan konsumen yang berbelanja di Pasar Baru (PB) Kota Metro. Metode Dokumentasi, Teknik ini digunakan peneliti untuk mengambil data dari dokumentasi pasar swalayan Pasar Baru (PB) Kota Metro yaitu sejarah berdirinya Pasar Baru (PB) Kota Metro. Teknik analisis data menggunakan Software SPSS. Berdasarkan hasil pengolahan data penelitian dapat peneliti simpulkan: 1) variabel strategi pemasaran berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumen. 2) Terdapat pengaruh signifikan positif antara variabel presepsi kualitas terhadap perilaku konsumen. 3) variabel periklanan berpengaruh signifikan positif terhadap perilaku konsumen. Kata Kunci: Experiential Marketing, Perceived Quality dan advertising, Perilaku Konsumen Perspektif Ekonomi Islam iii ABSTRACT Intense competition between companies makes business people dare to be different from their competitors. Every company or product must be able to survive, even be able to continue to grow. The formulation of the research problem is: 1) Does marketing strategy affect consumer behavior in Putra Baru (PB) Metro City Supermarkets from an Islamic Economic Perspective?, 2) Does perceived quality affect consumer behavior in Putra Baru (PB) Metro City Supermarkets from an Islamic Economic Perspective? ?, 3) Does advertising affect consumer behavior in Pasar Baru (PB) Kota Metro Supermarkets from an Islamic Economic Perspective?, 4) Does marketing strategy, perceived quality and advertising simultaneously influence consumer behavior in Putra Baru (PB) Supermarkets Metro City?. The nature of this research is descriptive in nature, while the type of this research is a type of quantitative data. The data collection method that researchers use are: Questionnaire method, the questionnaire is addressed to consumers who shop at Pasar Baru (PB) Metro City. Interview Method, researchers will conduct interviews with managers and consumers who shop at Pasar Baru (PB) Metro City. Documentation method, this technique is used by researchers to retrieve data from the documentation of Pasar Baru (PB) supermarkets in Metro City, namely the history of the establishment of Pasar Baru (PB) in Metro City. Data analysis techniques using SPSS software. Based on the results of research data processing, researchers can conclude: 1) marketing strategy variables have a significant effect on consumer behavior. 2) There is a significant positive influence between the perceived quality variable on consumer behavior. 3) advertising variables have a significant positive effect on consumer behavior. Keywords: Experiential Marketing, Perceived Quality and advertising, Behavior Consumer Perspective of Islamic Economics

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ekonomi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Jul 2023 08:36
Last Modified: 20 Jul 2023 08:36
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28978

Actions (login required)

View Item View Item