PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SELF�ORGANIZEDLEARNING ENVIROMENT TERHADAP PENGETAHUANMETAKOGNITIFSISWAKELASX

DEVY, SUSANTI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SELF�ORGANIZEDLEARNING ENVIROMENT TERHADAP PENGETAHUANMETAKOGNITIFSISWAKELASX. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SELF - ORGANIZED LEARNING ENVIROMENT TERHADAP PENGETAHUAN METAKOGNITIF SISWA KELAS X Oleh : Devy susanti Proses pembelajaran biologi adalah wahana untuk menambah suatu pengetahuan siswa. Pelajaran biologi bukan hanya penguasaan kumpulan fakta tetapi juga proses penemuan hal baru dan dapat menerapkannya. Tugas guru tidak hanya menuangkan sejumlah informasi kepada siswa melainkan harus berusaha menumbukan kemandirian untuk menambah pengetahuan siswa. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Self�Organized Learning Enviroment Terhadap Pengetahuan Metakognitif Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Bandar Lampung. Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Quasy Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 6 Bandar Lampung adapun sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan tekhnik Cluster Random Sampling yang menghasilkan kelas X4 dengan jumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X8 dengan jumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis data tes, dan angket yang diperoleh dari proses penelitian baik pretest ataupun postest yang dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan juga uji-t menunjukan bahwa terdapat pengaruh ditunjukan pada nilai sig. 0.000 < 0.05 yang artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran self�organized learning enviroment terhadap pengetahuan metakognitif siswa kelas X di SMA Negeri 6 Bandar Lampung. Kata kunci : Pengetahuan Metakognitif, Self-Organized Learning Enviroment, Virus. iv v ABSTRACT THE EFFECT OF SELF-ORGANIZED LEARNING ENVIROMENT LEARNING MODEL ON CLASS X STUDENTS' METACOGNITIVE KNOWLEDGE By : Devy Susanti The process of learning biology is a vehicle to add to a student's knowledge. Biology lessons are not only mastery of a collection of facts but also the process of discovering new things and being able to apply them. The teacher's task is not only to pour out some information to students but must try to grow independence to increase student knowledge. This research was conducted to determine the effect of the Self-Organized Learning Environment Learning Model on the Metacognitive Knowledge of Class X Students of SMA Negeri 6 Bandar Lampung. This research is a type of quantitative research using the Quasy Experiment method. The population in this study were all students of class X SMA Negeri 6 Bandar Lampung while the sample in this study was taken using the Cluster Random Sampling technique which resulted in class X4 with a total of 30 students as the experimental class and class X8 with a total of 30 students as the control class. Based on the results of the analysis of test data and questionnaires obtained from the research process, both pretest and posttest, which were analyzed using the normality test, homogeneity test and also the t-test showed that there was an influence shown on the sig value. 0.000 < 0.05 which means H0 is rejected and H1 is accepted. This shows that there is an influence of the self-organized learning environment on the metacognitive knowledge of class X students at SMA Negeri 6 Bandar Lampung. Keywords: Metacognitive Knowledge, Self-Organized Learning Enviroment, Virus

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Jul 2023 08:10
Last Modified: 20 Jul 2023 08:10
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28976

Actions (login required)

View Item View Item