KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK PERSPEKTIF PEMIKIRAN IMAM AL-GHAZALI DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM DI ERA GLOBAL (TERJEMAH KITAB IHYA’ ULUMUDDIN)

Putria, Nur Amanah (2023) KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK PERSPEKTIF PEMIKIRAN IMAM AL-GHAZALI DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM DI ERA GLOBAL (TERJEMAH KITAB IHYA’ ULUMUDDIN). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI PERPUSTAKAAN.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK PERSPEKTIF PEMIKIRAN IMAM AL-GHAZALI DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM DI ERA GLOBAL (TERJEMAH KITAB IHYA’ ULUMUDDIN) Oleh Putria Nur Amanah Seorang Muslim tidak dapat dikatakan sempurna agamanya bila akhlak dalam kehidupannya tidak mencerminkan akhlak yang baik. Adapun Skripsi ini membahas tentang Konsep Pendidikan Akhlak Perspektif Pemikiran Imam Al-Ghazali dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Islam di Era Global (Terjemah Kitab Ihya' Ulumuddin). Kajiannya dilatarbelakangi oleh adanya dekadensi moral atau adanya penurunan nilai-nilai akhlak yang akhir�akhir ini terjadi di berbagai kalangan. Banyak orang telah mengabaikan pembinaan akhlak, padahal masalah akhlak tidak bisa dianggap remeh, karena akhlak merupakan kunci perubahan individu, sosial, atau kesejahteraan dan kebahagiaan hakiki. Di samping itu kajian ini juga dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana perspektif Imam Al-Ghazali tentang Konsep Pendidikan Akhlak dalam kitab Ihya’ Ulumuddin? (2) Apa saja metode Pendidikan Akhlak menurut Imam Al�Ghazali yang dibahas dalam kitab Ihya’ Ulumuddin? Serta, (3) Bagaimana relevansi pemikiran Imam Al-Ghazali terhadap pendidikan Islam di era global (dalam konteks kekinian) ? Skripsi ini merupakan jenis penelitian yang bersifat library research atau studi kepustakaan. Data primer dan sekunder diperoleh melalui penelitian kepustakaan dengan alat pengumpul data berupa metode dokumentasi. Setelah data terkumpul, selanjutnya dilakukan analisis. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini yaitu, Pertama, Imam al-Ghazali menekankan pada pengajaran keteladanan dan kognitifistik.Kedua, Tahapan yang dicapai dalam pembentukan akhlak yaitu Takhalli, Tahalli, Tajalli, serta metode pembentuknya dengan cara keteladanan, riyadhah dan mujahadah.Ketiga, Relevansi konsep pendidikan akhlak dengan Pendidikan Islam dalam meningkatkan serta membentuk akhlak yang Islami cukup relevan karena memilki tujuan yang sama yaitu membentuk manusia yang insan kamil serta menjadikan manusia yang sebaik-baiknya dan berlandaskan pada Al-Qur'an dan Al-Hadist. Jadi, Pemikiran Imam al-Ghazali tentang konsep pendidikan akhlak sampai saat ini tetap relevan terbukti dengan banyaknya pendidik yang masih menggunakan konsep beliau. Kata Kunci : Pendidikan Akhlak, Imam Al-Ghazali, Pendiddikan Islam, Ihya’ Ulumuddin. iv ABSTRACT IMAM AL-GHAZALI’S PERSPECTIVE OF THINKING CONCEPTS OF EDUCATION AND ITS RELEVANCE TO ISLAMIC EDUCATION IN THE GLOBAL ERA (STUDY OF THE KITAB IHYA’ ULUMUDDIN) By Putria Nur Amanah A Muslim can not be said to be perfect in his religion if the morals in his life do not reflect good morals. there is moral decadence or a decline in moral values which has recently occurred in various circles Many people have neglected moral development, even though moral matters cannot be underestimated, because morals are the key to individual, social change, or true welfare and happiness. Besides that, this study is also intended to answer the problems (1) What is Imam Al-Ghazali's perspective on the Concept of Moral Education in the book Ihya Ulumuddin? (2) What methods of Moral Education according to Imam Al-Ghazali are discussed in the book Ihya' Ulumuddin? Also, (3) How is the relevance of Imam Al-Ghazali's thoughts to Islamic education in the global era (in the present context)? This thesis is a type of research that is library research or literature study. Primary and secondary data were obtained through library research using a data collection tool in the form of a documentation method. After the data is collected, an analysis is carried out. The conclusions that can be drawn from this study are, first, Imam al-Ghazali emphasizes exemplary and cognitiveistic teaching. and mujahadah Kanga, The relevance of the concept of moral education to Islamic Education in improving and forming Islamic morals is quite relevant because it has the same goal, namely to form human beings who are perfect human beings and make human beings the best they can be and are based on the Al-Qur'an and Al-Hadith So, Imam al-Ghazali's thoughts about the concept of moral education are still relevant today, as evidenced by the many educators who still use his concept. Keywords : Moral Education, Imam Al-Ghazali, Islamic Education, Ihya’ Ulumuddin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Jul 2023 07:37
Last Modified: 20 Jul 2023 07:37
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28972

Actions (login required)

View Item View Item