PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE 3 DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MEREDUKSI LEARNING LOSS PADA PESERTA DIDIK SMP

IKFINI, AULIA HAKIKA (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE 3 DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MEREDUKSI LEARNING LOSS PADA PESERTA DIDIK SMP. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1-2.pdf] PDF
Download (9MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline 3 dengan pendekatan kontekstual untuk mereduksi learning loss pada peserta didik SMP. Untuk mengetahui respon pendidik dan peserta didik terhadap media pembelajaran interaktif dan tingkat keefektifan media tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian reseach and development dengan model penelitian ADDIE (Analisys, Desaign, Development, Implementation, dan Evaluation). Pada tahap development melibatkan 9 validator (tiga validator ahli materi, tiga validator ahli media dan tiga validator ahli materi soal) untuk menilai kelayakan materi dan media yang baik dan benar. Tahap Implementation melibatkan 33 peserta didik (15 peserta didik uji coba kelompok kecil dan 33 peserta didik uji coba kelompok besar dengan kelas yang sama). Penilaian kemenarikan media pembelajaran interaktif dengan materi persamaan linear satu variabel menggunakan angket yaitu angket validator dan angket peserta didik. Dan uji kemenarikan media pengembangan interaktif menggunakan soal pretest dan soal posttest. Hasil validasi ahli materi dari 3 validator menunjukan bahwa secara keseluruhan produk memperoleh nilai rata-rata sebesar 3,56 dan hasil validasi ahli media memperoleh nilai rata-rata sebesar 3,31. Sementara uji coba kelompok kecil dari 15 peserta didik SMP Al Kautsar Bandar Lampung diperoleh hasil kemenarikan nilai rata-rata sebesar 3,52. Sedangkan uji coba kelompok besar yang dilakukan di SMP Al Kautsar Bandar Lampung memperoleh nilai rata-rata 3,63 . Pada hasil pretest memiliki rata-rata nilai 48,36 yang menyatakan benar terjadi learning loss. Pada hasil post test mendapatkan rata-rata nilai 81,21 serta jika dilihat dari nilainya semua peserta didik mendapat nilai diatas nilai minimal. Dan mendapatkan nilai effect size sebesar 0,49 dengan kriteria efektif. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline 3 sangat layak dan sangat mgtenarik. Kata kunci: Pengembangan Media Pembelajaran, Articulate Storyline 3, Learning loss, Kontekstual iv ABSTRACT This study aims to develop interactive learning media based on articulate storylines 3 with a contextual approach to reduce learning loss in junior high school students. To find out the response of educators and students to interactive learning media and the level of effectiveness of the media. This research uses a type of research and development research with the ADDIE research model (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). In the development stage, 9 validators were involved (three subject matter expert validators, three media expert validators and three subject matter expert validators) to assess the feasibility of good and correct material and media. The Implementation Phase involved 33 students (15 students in small group trials and 33 students in large group trials with the same class). Assessment of the attractiveness of interactive learning media with one-variable linear sales material using a questionnaire, namely the validator questionnaire and the student questionnaire. And test the attractiveness of interactive development media using pretest and posttest questions. The results of the validation of material experts from 3 validators showed that overall the product obtained an average value of 3.56 and the validation results of media experts obtained an average value of 3.31. While the small group trial of 15 students at SMP Al Kautsar Bandar Lampung, the attractiveness results obtained an average value of 3.52. Meanwhile, the large group trials conducted at SMP Al Kautsar Bandar Lampung obtained an average score of 3.63. The pretest results have an average value of 48.36 which is stated to be true when learning loss occurs. On the results of the post test, the average score was 81.21 and when viewed from the ability of all students to score above the minimum value. And get an effect size value of 0.49 with effective criteria. Thus, it can be concluded that the development of interactive learning media based on the storyline of articulation 3 is very feasible and very interesting. Keywords: Development of Learning Media, Articulate Storyline 3, Learning loss, Contextual

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Jul 2023 07:29
Last Modified: 20 Jul 2023 07:29
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28970

Actions (login required)

View Item View Item