HUBUNGAN KEMAMPUAN ANALISIS MATEMATIS DAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA SISWA SMP

Bima, Wahyu Dinata (2023) HUBUNGAN KEMAMPUAN ANALISIS MATEMATIS DAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA SISWA SMP. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI BIMA FULLL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Kurangnya kemampuan pemecahan masalah seorang siswa dapat menyebabkan kecilnya hasil belajar siswa tersebut, terutama pada pelajaran matematika. Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah pada siswa. Contohnya seperti pada siswa kelas IX di SMP Negeri 14 Ogan Komering Ulu masih banyak siswa yang memiliki nilai ujian tengah semester dibawah KKM. Oleh karena itu, pada penelitian kali ini peneliti akan melihat adakah hubungan antara kemampuan analisis matematis dan kemampuan penalaran matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah secara parsial maupun simultan. Penelitian kali ini merupakan penelitian kuantitatif, dimana metode kuantitatif adalah suatu proses menemukan pengetahuan yang menggunakan data berupa angka sebagai alat menganalisis keterangan mengenai apa yang ingin diketahui. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 14 Ogan Komering Ulu, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Dengan teknik pengambilan sampel tersebut didapatkan sampel sebanyak 2 kelas dengan jumlah siswa di kedua kelas tersebut 59 siswa. Dimana kelas sampel tersebut adalah kelas IX A dan kelas IX B. Teknik pengambilan data pada penelitian kali ini menggunakan Tes. Berdasarkan hasil analisis data, didapatkan kesimpulan : (1) Terdapat hubungan yang sangat kuat antara kemampuan analisis mateamtis dan kemampuan penalaran matematis, dengan besar hubungannya adalah 0,984. (2) Terdapat pengaruh kemampuan analisis matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah, dengan besar pengaruhnya adalah 0,453. (3) Terdapat pengaruh kemampuan penalaran matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah, dengan besar pengaruhnya adalah 0,510. (4) Terdapat pengaruh kemampuan analisis matematis dan kemampuan penalaran matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah, dengan besar pengaruhnya adalah 0,917. Kata kunci : analisis matematis, pemecahan masalah, penalaran matematis. iv ABSTRACT Lack of problem-solving skills in a student can lead to poor academic performance, especially in mathematics. There are several factors that can influence a student's problem-solving abilities. For example, in the case of ninth-grade students at SMP Negeri 14 Ogan Komering Ulu, many students still have midterm exam scores below the minimum passing grade. Therefore, this research aims to examine the relationship between mathematical analysis skills and mathematical reasoning skills on problem-solving abilities, both partially and simultaneously. This study employs a quantitative research method, which involves discovering knowledge using numerical data as a tool to analyze information about what is to be known. The research is conducted at SMP Negeri 14 Ogan Komering Ulu, employing cluster random sampling as the sampling technique. This technique resulted in a sample of 2 classes with a total of 59 students. The sampled classes are Class IX A and Class IX B. The data collection technique used in this study is a test. Based on the data analysis results, the following conclusions can be drawn: (1) There is a very strong correlation between mathematical analysis skills and mathematical reasoning skills, with a correlation coefficient of 0.984. (2) There is an influence of mathematical analysis skills on problem-solving abilities, with an effect size of 0.453. (3) There is an influence of mathematical reasoning skills on problem-solving abilities, with an effect size of 0.510. (3) There is an influence of both mathematical analysis skills and mathematical reasoning skills on problem-solving abilities, with an effect size of 0.917. Keywords: mathematical analysis, mathematical reasoning, problem�solving

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Jul 2023 07:19
Last Modified: 20 Jul 2023 07:19
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28968

Actions (login required)

View Item View Item