IMPLEMENTASI MANAJEMEN MUTU PEMBELAJARAN DI MTs N 2 BANDAR LAMPUNG

ELLYANI, HUSNUL KHOTIMAH (2023) IMPLEMENTASI MANAJEMEN MUTU PEMBELAJARAN DI MTs N 2 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL ELLYANI  HUSNUL KHOTIMAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Keberhasilan mutu peserta didik di MTsN 2 Bandar Lampung dapat dilihat dari meningkatnya pengetahuan,keterampilan ,dan keahlian bagi peserta didik untuk mengembangkan potensinya, pelaksanaan manajemen mutu peserta didik dapat dilihat dari pengelolaan mutu peserta didik melalui sistem penjaminan mutu peserta didik ,karena manajemen mutu peserta didik yang berkualitas akan memungkinkan tercapainya lulusan peserta didik yang memiliki daya saing tinggi,berkualitas serta berkarakter.penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tentang Implementasi Manajemen Mutu Peserta Didik di MTsN 2 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif.sumber data yang digunakan data primer dan sekunder teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara,observasi,dan dokumentasi.triangulasi yang digunakan untuk mengecek keabsahan data penelitian menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber,teknik analisa data penelitian menggunakan reduksi data,penyajian data,dan penarikan kesimpulan ,informan dalam penelitian ini didapatkan dari kepala madrasah,waka kesiswaan ,waka kurikulum,dan guru MTsN 2 Bandar Lampung. Hasil penelitian ini adalah: 1) perencanaan mutu peserta didik di MTs Negeri 2 Bandar Lampung yang diawali dengan proses rekrutmen peserta didik baru yang menggunakan sistem seleksi berupa tes tertulis,wawancara,dan tes baca al-quran dan nilai yang memenuhi passing grade yang akan diterima menjadi siswa di MTsN 2 Bandar Lampung 2) pelaksanaan mutu peserta didik di MTs Negeri 2 Bandar Lampung dapat dilihat dari proses kegiatan belajar mengajar dikelas yang dilakukan oleh guru kepada siswa yang dimulai dari guru memulai kelas sebelum memulai pembelajaran,lalu guru menjelaskan materi pembelajaran dan guru mengakhiri aktivitas pembelajaran 3) evaluasi mutu peserta didik di MTs Negeri 2 Bandar Lampung diadakan oleh pihak Madrasah, pelaksanaan evaluasi secara rutin; yakni menilai pencapaian kompetensi siswa selama sekolah dan untuk mengetahui sejauh mana penguasaan pengetahuan dalam menerima materi pelajaran,serta untuk memantau dan mengevaluasi kemajuan belajar siswa 4) hasil atau tindak lanjut mutu peserta didik di MTs Negeri 2 Bandar Lampung yakni tindak lanjut dari segala kekurangan evaluasi akan diadakan perbaikan secara maksimal. Kata kunci: Perencanaan,Pelaksanaan,Evaluasi,Hasil atau Tindak lanjut iii ABSTRACT The success of the quality of students at MTs Negeri 2 Bandar Lampung can be seen from the increased knowledge, skills and expertise for students to develop their potential, the implementation of quality management of students can be seen from the management of the quality of students through the student quality assurance system, because quality management of quality students will enable the achievement graduate students who have high competitiveness, quality and character. This study aims to describe the Implementation of Student Quality Management at MTsN 2 Bandar Lampung. This study used a descriptive qualitative approach. The data sources used were primary and secondary data. The techniques used in data collection were interviews, observations, and documentation. The triangulation used to check the validity of the research data used technical triangulation and source triangulation, research data analysis techniques used reduction data, data presentation, and drawing conclusions, the informants in this study were obtained from madrasah heads, deputy heads of student affairs, deputy heads of curriculum, and teachers of MTsN 2 Bandar Lampung. The results of this study are: 1) planning the quality of students at MTs Negeri 2 Bandar Lampung which begins with the process of recruiting new students using a selection system in the form of written tests, interviews, and reading tests of the Koran and grades that meet the passing grade that will be accepted become a student at MTsN 2 Bandar Lampung 2) the implementation of the quality of students at MTs Negeri 2 Bandar Lampung can be seen from the process of teaching and learning activities in the class carried out by the teacher to students starting from the teacher starting class before starting learning, then the teacher explains the learning material and the teacher ending learning activities 3) evaluation of the quality of students at MTs Negeri 2 Bandar Lampung was held by the Madrasah, carrying out routine evaluations; namely assessing the achievement of student competence during school and to find out the extent of mastery of knowledge in receiving subject matter, as well as to monitor and evaluate student learning progress 4) results or follow-up on the quality of students at MTs Negeri 2 Bandar Lampung namely follow-up of any deficiencies in the evaluation will maximum improvement. Keywords: Planning, Implementation, Evaluation, Results or Follow-up.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Jul 2023 07:08
Last Modified: 20 Jul 2023 07:08
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28966

Actions (login required)

View Item View Item