PENGARUH KONSELING RATIONAL EMOTIVE BEHAVIORAL THERAPY DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA PESERTA DIDIK DI SMP N 34 BANDAR LAMPUNG

RINI, ALFIANTI (2023) PENGARUH KONSELING RATIONAL EMOTIVE BEHAVIORAL THERAPY DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA PESERTA DIDIK DI SMP N 34 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of RINI FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan peserta didik yang mengalami hambatan pada motivasi belajar, yang mana terdapat di sekolah SMP N Bandar Lampung, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Rational Emotive Behavioral Therapy Menggunakan Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Peserta Didik Di Smp N Bandar Lampung. Jenis pendekatan kuantitatif pre-Eksperimen dengan menggunakan desain one gruop pre test post tes desain. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu Pengaruh Rational Emotive Behavioral Therapy (REBT) dengan layanan konseling kelompok, serta variabel terikarnya yaitu motivasi belajar peserta didik, subjek penelitiannya adalah kelas IX B SMP N Bandar Lampung yang berjumlah peserta didik, dengan sample sebanyak peserta didik, instrumen penelitian yang digunakan berupa angket motivasi belajar serta dalam analisis menggunakan beebrapa tahap uji validasi, reabilitas, dan uji Shapiro-wilk, dengan menguunakan alat bantu program SPSS . Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada peserta didik menggunakan konseling kelompok dengan teknik Rational Emotive Behavioral Therapy. Dapat dilihat dari hasil nilai post test yang di nilai dan di uji menggukan pendekatan uji sapiro-wilk. Berdasarkan hasil output (Test Statistik) sig. ( -tailed) < maka dapat ditarik kesimpulan bahwa “ Hipotesis Diterima” yang menjukan bahwa terdapat perbedaan antara hasil motivasil belajar untuk Pre-Test dan Post-Test, sehingga dapat disimpulkan bawasannya terdapat pengaruh Rational Emotive Behavioral Therapy Menggunakan Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Peserta Didik Di Smp N Bandar Lampung Kata kunci : konseling kelompok, Rational Emotive Behavioral Therapy, motivasi belajar iv ABSTRACT This research is motivated by the problem of students experiencing low learning motivation, which is found in SMP N Bandar Lampung, this study aims to determine whether there is an influence of Rational Emotive Behavioral Therapy Using Group Counseling to Improve Learning Motivation in Students at SMP N Bandar Lampung. This type of quantitative approach is pre�experimental using a one-group pre-test post-test design. The variables in this study consisted of the independent variable, namely the influence of Rational Emotive Behavioral Therapy (REBT) with group counseling services, as well as the dependent variable, namely the learning motivation of students, the research subject was class IX B SMP N Bandar Lampung, amounting to students, with a sample as many as students, the research instrument used was a learning motivation questionnaire and in the analysis using several stages of validation, reliability, and Shapiro-wilk tests, using SPSS program tools. The results of this study indicate that there is a significant effect on students using group counseling with the Rational Emotive Behavioral Therapy technique. It can be seen from the results of the post test scores that are assessed and tested using the Sapiro-Wilk test approach. Based on the results of the output (Statistical Test) sig. ( - tailed) < , it can be concluded that the "Hypothesis is Accepted" which indicates that there is a difference between the learning motivational outcomes for the Pre-Test and Post-Test, so it can be concluded that the bottom line is that there is an influence of Rational Emotive Behavioral Therapy Using Group Counseling To Increase Learning Motivation in Students at SMP N Bandar Lampung. Keywords: Group counseling, Rational Emotive Behavioral Therapy, learning motivation

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Jul 2023 04:57
Last Modified: 20 Jul 2023 04:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28960

Actions (login required)

View Item View Item