HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEBIASAAN MEMBACA DENGAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS IV SD NEGERI 04 KAGUNGAN RATU KECAMATAN TULANG BWANG UDIK KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT

Nanda, Yanna Dwi (2018) HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEBIASAAN MEMBACA DENGAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS IV SD NEGERI 04 KAGUNGAN RATU KECAMATAN TULANG BWANG UDIK KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img] PDF
Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dan besarnya pengaruh dari kecerdasan emosional dan kebiasaan membaca secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama dengan keterampilan menulis karangan narasi SD Negeri 04 Kagungan Ratu Kecamatan Tulang Bawang Udik KabupatenTulang Bawang Barat. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV, yang diambil 20% dari satu populasi yang berjumlah 40 siswa dari 200 siswa Penelitian ini termasuk penelitian ex-post facto. Metode pengambilan data menggunakan kuesioner model skala Likert untuk variable kecerdasan emosi dan kebiasaan membaca, sedangkan variable keterampilan menulis karangan narasi menggunakan tes kelas IV. Teknik analisis data yang dipakai untuk menguji hipotesis adalah dengan teknik analisis regresi. Hasil analisis korelasi ganda menunjukkan bahwa secara bersama-sama kecerdasan emosional dan kebiasaan membaca mempunyai pengaruh yang positif terhadap keterampilan menulis karangan narasi. Hal ini dibuktikan berdasarkan perhitungan terlihat bahwa Fhitung sebesar 290,243 > F tabel = 2,860; atau sig. 0,000 < 0,05; dan berdasarkan koefisien korelasi multipel diperoleh R= 0,980 berarti tingkat hubungan antara kecerdasan emosional dan kebiasaan membaca dengan keterampilan menulis karangan narasi termasuk kategori kuat dengan R square (R2) diperoleh sebesar 0,960 atau 96% keterampilan menulis karangan narasi dipengaruhi oleh kecerdasan emosional dan kebiasaan membaca, dengan standar deviasi estimate sebesar 2,028. dengan demikian dapat dikatakan bahwa semakin tinggi kecerdasan emosional dan kebiasaan membaca maka keterampilan menulis karangan narasi, akan semakin meningkat. Kata Kunci : kecerdasan emosional, kebiasaan membaca dan keterampilan menulis karangan narasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 516 not found.
Date Deposited: 09 Jan 2018 02:43
Last Modified: 09 Jan 2018 02:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2896

Actions (login required)

View Item View Item