PELAKSANAAN LAYANAN KONSELING INDIVIDU DALAM MENGURANGI PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIKDENGAN PENDEKATAN SOLUTION�FOCUSED BRIEF COUNSELING (SFBC) DI SMA NEGERI BANDAR LAMPUNG

RUSDIANA, SITI KHODIJAH (2023) PELAKSANAAN LAYANAN KONSELING INDIVIDU DALAM MENGURANGI PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIKDENGAN PENDEKATAN SOLUTION�FOCUSED BRIEF COUNSELING (SFBC) DI SMA NEGERI BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of RUSDIANA FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini mendeskripsikan tentang pelaksanaan layanan konseling individu dalam mengurangi perilaku prokrastinasi akademik dengan pendekatan Solution-Focused Brief Counseling (SFBC) di SMA Negeri Bandar Lampung, Prokrastinasi adalah suatu masalah kebiasaan dalam menunda suatu hal atau kegiatan yang penting dan berjangka waktu sampai waktu yang telah ditentukan habis, ini adalah proses yang memiliki konsekuensi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan layanan konseling individu dalam mengatasi prokrastinasi akademik peserta didik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian adalah penelitian lapangan (field research), dimana peneliti mendeskripsikan fenomena apa saja yang ditemui di lapangan. Adapun prosedur pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, populasi dalam penelitian ini ialah guru BK yang ada di SMA Negeri Bandar Lampung dan subjek penelitian ini adalah guru BK yang mewakili populasi tersebut, teknik pengambilan subjek dengan menggunakan purposive sampling, ketentuan subjek ini ditentukan oleh pihak sekolah berdasarkan peraturan guru BK, kemudian tempat penelitian ini adalah di SMA Negeri Bandar Lampung. Berdasarkan hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pelaksanaan layanan konseling individu ialah melakukan kolaborasi dengan beberapa guru terkait yang ada di SMA Negeri Bandar Lampung dan informasi dari orang tua peserta didik mengenai perilaku Prokrastinasi akademik, kemudian guru BK melakukan pemantauan di sekolah baik pengamatan tingkah laku secara langsung maupun melalui absensi, nilai tugas dan nilai raport dan yang terakhir guru BK melakukan adanya layanan konseling individu dan pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan Solution-Focused Brief Counseling (SFBC) , melalui layanan tersebut guru BK mampu mengatasi perilaku prokrastinasi akademik peserta didik dengan ditunjukkan adanya perubahan pada peserta didik. Kata Kunci : Prokrastinasi Akademik, Konseling Individu iv ABSTRACT This study describes the implementation of individual counseling services in reducing academic procrastination behavior with the Solution-Focused Brief Counseling (SFBC) approach at SMA Negeri Bandar Lampung, Procrastination is a habitual problem in postponing something or activity that is important and timed until the time has been agreed. determined is exhausted, this is a process that has consequences. The purpose of this study was to find out how individual counseling services are implemented in overcoming student academic procrastination. This research uses a qualitative research type, with the type of research is field research, where the researcher describes what phenomena are encountered in the field. As for the data collection procedures using observation, interviews and documentation, the population in this study were counseling teachers at SMA Negeri Bandar Lampung and the subjects of this study were counseling teachers who represented the population, the subject taking technique used purposive sampling, the provisions of this subject determined by the school based on the counseling teacher regulations, then the place of this research is at SMA Negeri Bandar Lampung. Based on the results of the study, it shows that the implementation of individual counseling services is to collaborate with several related teachers in SMA Negeri Bandar Lampung and information from students' parents regarding academic procrastination behavior, then the counseling teacher carries out monitoring at school both observing behavior directly or through attendance, assignment scores and report cards and finally the counseling teacher provides individual counseling services and the approach used is the Solution�Focused Brief Counseling (SFBC) approach, through this service the counseling teacher is able to overcome students' academic procrastination behavior by demonstrating changes in students. Keywords: Academic Procrastination, Individual Counseling

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Jul 2023 04:31
Last Modified: 20 Jul 2023 04:31
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28956

Actions (login required)

View Item View Item