ENI, PUJI RAHAYU (2023) LAYANAN KONSELING KELOMPOK DALAM MENGURANGI KECEMASAN SISWA MENGHADAPI UJIAN TENGAH SEMESTER DI MTS ROUDHATUL HUDA DWI KARYA MUSTIKA KABUPATEN MESUJI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (1MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Kecemasan siswa menghadapi ujian tengah semester adalah perasaan khawatir, gelisah, atau stres yang dialami oleh siswa menjelang atau saat menghadapi ujian. Kecemasan ini dapat dipicu oleh berbagai faktor, seperti tekanan untuk meraih hasil yang baik, kurangnya persiapan, ketidakpastian tentang materi ujian, perasaan tidak percaya diri, atau pengalaman negatif sebelumnya dalam menghadapi ujian. Hal tersebut, dapat mempengaruhi kemampuan mereka dalam mengerjakan ujian dengan baik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan layanan konseling kelompok dalam mengurangi kecemasan siswa dalam menghadapi ujian tengah semester di MTS Roudhatul Huda Dwi Karya Mustika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan jenis penelitian lapangan (field research). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi, sumber dari penelitian ini yaitu 22 siswa/siswi kelas IX dan 1 guru bimbingan dan konseling serta 1 guru mata pelajaran, jadi jumlah keseluruhan data peneliti berjumlah 24 orang. Sedangkan untuk menganalisis data digunakan metode analisis data yang bersifat kualitatif dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Temuan hasil penelitian, maka proses pelaksanaan layanan konseling kelompok dalam mengurangi kecemasan siswa menghadapi ujian tengah semester di MTs Roudhatul Huda Dwi Karya Mustika Kabupaten Mesuji yang dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling dilakukan menggunakan 5 tahapan : Tahap pra-konseling bertujuan agar anggota kelompok bahu membahu mewujudkan tujuan bersama. Tahap permulaan merupakan tahapan untuk menguraikan langkah yang dijalani, pada tahap ini adalah tahap perkenalan dan pengungkapan tujuan yang ingin dicapai. Tahap transisi (peralihan) bertujuan agar konseli mampu membuka permasalahan masing-masing sehingga masalah dapat dirumuskan Bersama dan diketahui penyebabnya. Tahap kerja (kegiatan) bertujuan untuk menentukan langkah selanjutnya atau rencana tindakan dari permasalahan. Tahap iii akhir bertujuan untuk melatih siswa melakukan perubahan kearah yang lebih baik. Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa melalui layanan konseling kelompok dalam mengurangi kecemasan siswa menghadapi ujian tengah semester menunjukkan hasil yaitu masih ada atau belum dapat meminimalisir kecemasan yang dialami siswa. Kata Kunci : Layanan Konseling Kelompok, Kecemasan Siswa
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Bimbingan Konseling Islam |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 20 Jul 2023 03:50 |
Last Modified: | 20 Jul 2023 03:50 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28952 |
Actions (login required)
View Item |