HUBUNGAN ANTARA GAYA BELAJAR DAN MINAT BACA SISWA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 04 KAGUNGAN RATU KECAMATAN TULANG BAWANG UDIK KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT

Nanda, Mella Dwi (2018) HUBUNGAN ANTARA GAYA BELAJAR DAN MINAT BACA SISWA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 04 KAGUNGAN RATU KECAMATAN TULANG BAWANG UDIK KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_FIX_MELLA.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan gaya belajar visual, gaya belajar auditorial, dan gaya belajar kinestetik dan minat baca baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama dengan hasil belajar siswa SD Negeri 04 Kagungan Ratu Kecamatan Tulang Bawang Udik KabupatenTulang Bawang Barat. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V, yang diambil 20% dari satu populasi yang berjumlah 40 siswa dari 200 siswa Penelitian ini termasuk penelitian ex-post facto. Metode pengambilan data menggunakan kuesioner model skala Likert untuk variabel gaya belajar visual, gaya belajar auditorial, gaya belajar kinestetik dan minat baca, sedangkan variabel hasil belajar menggunakan dokumentasi kelas V. Teknik analisis data yang dipakai untuk menguji hipotesis adalah dengan teknik analisis regresi. Hasil analisis korelasi ganda menunjukkan bahwa secara bersama-sama gaya belajar visual, auditorial, kinestetik, dan minat baca mempunyai pengaruh yang positif terhadap hasil belajar. Hal ini dibuktikan berdasarkan perhitungan terlihat bahwa Fhitung sebesar 290,243 > F tabel = 2,860; atau sig. 0,000 < 0,05; dan berdasarkan koefisien korelasi multipel diperoleh R= 0,980 berarti tingkat hubungan antara gaya belajar visual, auditory, dan kinestetik dengan hasil belajar termasuk kategori kuat dengan R square (R2) diperoleh sebesar 0,960 atau 96% hasil belajar dipengaruhi oleh gaya belajar visual, auditory, kinestetik dan minat baca, dengan standar deviasi estimate sebesar 2,028. dengan demikian dapat dikatakan bahwa semakin tinggi gaya belajar visual, auditorial, kinestetik, dan minat baca maka hasil belajar, akan semakin meningkat Kata Kunci : gaya belajar visual, gaya belajar auditorial, gaya belajar kinestetik, minat baca, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 516 not found.
Date Deposited: 09 Jan 2018 02:38
Last Modified: 09 Jan 2018 02:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2895

Actions (login required)

View Item View Item