PENGARUH KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOUR THERAPY TERHADAP TOXIC FRIENDSHIP PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 20 BANDAR LAMPUNG

SALSABILA, ALISA (2023) PENGARUH KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOUR THERAPY TERHADAP TOXIC FRIENDSHIP PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 20 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK SALSABILA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Teman memiliki pengaruh yang besar dalam kehidupan manusia sebagai fakta bahwa manusia adalah makhluk sosial. Pertemanan yang baik memiliki minat interpersonal seperti memberikan manfaat, kenyamanan, kepercayaan, perhatian, cinta dan saling menghormati. Namun, banyak hubungan pertemanan baik yang masih mengalami perasaan negatif. Di era milenial, pertemanan yang kerap berkonflik disebut toxic friendship. Toxic friendship adalah persahabatan yang tidak sehat di dalamnya terdapat sekelompok pertemanan yang mengintimidasi, kasar, tidak sopan, saling merendahkan dan tidak mau disalahkan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh konseling kelompok dengan pendekatan Rational Emotive Behaviour Therapy terhadap Toxic Friendship peserta didik di SMPN 20 Bandar Lampung. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan Pre�Eksperimental design dalam bentuk One Group Pretest Posttest Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, angket dan dokumentasi. Proses pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, dengan populasi kelas VIII H dan sampel sebanyak 7 peserta didik kelas VIII H di SMPN 20 Bandar Lampung yang terindikasi perilaku toxic friendship. Peserta didik diberikan pretest sebelum diberikan tindakan berupa konseling kelompok dengan pendekatan Rational Emotive Behaviour Therapy, Adapun hasil yang diperoleh dari pengujian hasil pretest 152 sedangkan hasil posttest 183 setelah diberikan konseling kelompok. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan rumus Uji Wilcoxon dan didapatkan nilai Zhitung -2,366 dan Ztabel 1,96 serta diketahui Asymp.Sig. (2 tailed) dengan nilai 0.018 dimana nilai tersebut lebih kecil dari rtabel signifikan 0.05 maka Ha diterima dan Ho ditolak, dengan demikian, terdapat perbedaan antara hasil pretest dan posttest yang menunjukan bahwa terdapat perubahan perilaku toxic pada peserta didik setelah diberikan layanan konseling kelompok, sehingga dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok dengan pendekatan Rational Emotive Behaviour Therapy berpengaruh terhadap toxic friendship peserta didik di SMPN 20 Bandar Lampung. Kata Kunci : Konseling Kelompok, Rational Emotive Behaviour Therapy, Toxic Friendship. iii ABSTRACT Friends have a great influence on human life as a fact that humans are social beings. Good friendship has interpersonal interests such as providing benefits, comfort, trust, attention, love and mutual respect. However, many good friendships still experience negative feelings. In the millennial era, friendships that are often in conflict are called toxic friendships. Toxic friendship is an unhealthy friendship in which there are groups of friends who are intimidating, rude, impolite, demeaning one another and don't want to be blamed. The purpose of this study was to determine the effect of group counseling with the Rational Emotive Behaviour Therapy approach on Toxic Friendship of students at SMPN 20 Bandar Lampung. The type of research used in this research is quantitative with a pre-experimental design in the form of a one-group pretest posttest design. Data collection techniques used are interviews, questionnaires and documentation. The sampling process used purposive sampling, with a population of class VIII H and a sample of 7 students in class VIII H at SMPN 20 Bandar Lampung who indicated toxic friendship behavior. Students are given a pretest before being given action in the form of group counseling with the Rational Emotive Behavior Therapy approach. The results obtained from testing the pretest results are 152 while the posttest results are 183 after being given group counseling. The hypothesis test in this study used the Wilcoxon Test formula and obtained a Zcount of -2.366 and a Ztable of 1.96 and it was known that Asymp.Sig. (2 tailed) with a value of 0.018 where the value is smaller than the significant rtable of 0.05 then Ha is accepted and Ho is rejected, thus, there is a difference between the results of the pretest and posttest which shows that there is a change in toxic behavior in students after being given group counseling services, so it can be concluded that group counseling with the Rational Emotive Behavior Therapy approach has an effect on the toxic friendship of students at SMPN 20 Bandar Lampung. Keywords : Group Counseling, Rational Emotive Behaviour Therapy, Toxic Friendship.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Jul 2023 03:21
Last Modified: 20 Jul 2023 03:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28948

Actions (login required)

View Item View Item