ANALISIS DAMPAK PENGGUNAAN GADGET TERHADAP KELUARGA PASANGAN MUDA PERSPEKTIF HUKUM KELUARGA ISLAM (Studi di Tiyuh Candra Jaya, Kecamatan Tulang Bawang Tengah, Kabupaten Tulang Bawang Barat)

SITI, AISYAH (2023) ANALISIS DAMPAK PENGGUNAAN GADGET TERHADAP KELUARGA PASANGAN MUDA PERSPEKTIF HUKUM KELUARGA ISLAM (Studi di Tiyuh Candra Jaya, Kecamatan Tulang Bawang Tengah, Kabupaten Tulang Bawang Barat). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB I II V DAPUS.pdf] PDF
Download (645kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL AISYAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi perkembangan teknologi informasi dan komunikasi seperti gadget yang begitu pesat dari kota sampai ke pelosok desa, sehingga banyaknya pengguna gadget terutama pasangan muda di Tiyuh Candra Jaya yang tidak bisa terlepas dari penggunaan gadget dalam kehidupan sehari-harinya. Karena dengan hadirnya gadget di tengah keluarga akan berpengaruh terhadap tatanan interaksi dan komunikasi keluarga tersebut. Oleh karena itu dapat dirumuskan permasalahannya yaitu Bagaimana dampak penggunaan gadget terhadap keluarga pasangan muda di Tiyuh Candra Jaya dan Bagaimana perspektif hukum keluarga Islam mengenai dampak gadget terhadap keluarga pasangan muda di Tiyuh Candra Jaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak penggunaan gadget terhadap keluarga pasangan muda di Tiyuh Candra Jaya dan untuk mengetahui perspektif hukum keluarga Islam mengenai dampak gadget terhadap keluarga pasangan muda. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kulaitatif dengan jenis penelitian lapangan, serta menggunakan teknik pengumpulan data wawancara dan dokumentasi. Data primer diperoleh langsung dari responden mengenai kebiasaan penggunaan gadget, sedangkan data sekunder diperoleh dari hasil penelitian atau olahan orang lain yang sudah menjadi bentuk buku, karya ilmiah, monografi, dan data lain yang menunjang penulisan skripsi ini. Semua data tersebut merupakan bahan-bahan untuk mendeskripsikan dampak penggunaan gadget terhadap keluarga pasangan muda di Tiyuh Candra Jaya kecamatan Tulang Bawang Tengah Kabupaten Tulang Bawang Barat. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa berdasarkan hasil penelitian pengguanan gadget mempunyai dampak positif maupun negatif terhadap keharmonisan keluarga pasangan muda di Tiyuh Candra Jaya kecamatan Tulang Bawang Tengah Kabupaten Tulang Bawang Barat bahwa banyak Dampak positif bagi keluarga pasangan iii muda yaitu mempererat tali silaturahmi dengan keluarga yang jauh, memperoleh ilmu serta wawasan yang luas, membantu perekonomian keluarga, dan meningkatkan keimanan serta nilai-nilai Islam pasangan. Adapun Dampak negatif yaitu Mengurangi waktu interaksi dan komunikasi dengan keluarga, Berubahnya gaya hidup keluarga, dan terjadi kesalahfahaman dan kecemburuan kepada pasangan. Oleh sebab itu sebaiknya mengurangi penggunaan gadget untuk mengurangi dampak negatif bagi keluarga.Islam sangat mengutamakan kebaikan, begitupun apabila setiap anggota keluarga bisa menggunakan smartphone dengan baik dan dapat berpengaruh baik terhadap keluarganya serta tidak keluar dari ajaran Islam, Islam memang tidak melarang Menggunakan gadget namun jangan menjadikan gadget sebagai prioritas agat terhindar dari kemudhorotan tersebut dan tetap menjalankan hak dan kewajiban suami istri. Kata kunci: Dampak Gadget, Keluarga Pasangan Muda

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Divisions: Fakultas Syariah > Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Jul 2023 03:16
Last Modified: 20 Jul 2023 03:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28947

Actions (login required)

View Item View Item