EKSISTENSI BAITUL MAL WATTAMWIL SEBAGAI NADZIR DALAM PENGELOLAAN DAN PENGEMBANGAN WAKAF UANG PERSPEKTIF UNDANG -UNDANG NOMOR 41 TAHUN 2004 TENTANG WAKAF (STUDI PADA BMT ASSAFI’IYAH BERKAH NASIONAL KOTA GAJAH)

Ayu, Wulandari (2023) EKSISTENSI BAITUL MAL WATTAMWIL SEBAGAI NADZIR DALAM PENGELOLAAN DAN PENGEMBANGAN WAKAF UANG PERSPEKTIF UNDANG -UNDANG NOMOR 41 TAHUN 2004 TENTANG WAKAF (STUDI PADA BMT ASSAFI’IYAH BERKAH NASIONAL KOTA GAJAH). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of BAB I II V DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL AYU WULANDARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Wakaf adalah perbuatan hukum seseorang atau kelompok orang atau badan hukum yang memisahkan sebagian dari benda miliknya dan melembagakan untuk selama-lamanya guna kepentingan ibadah atau keperluan umum lainnya guna kepentingan ibadah atau keperluan umum lainnya sesuai dengan ajaran islam. Namun berjalannya waktu untuk bisa mencapai pengelolaan wakaf secara profesiaonal munculnya gagasan wakaf tunai. Wakaf uang merupakan salah satu bentuk inovasi wakaf yang memungkinkan pengelolaan wakaf lebih fleksibel yaitu berwakaf menggunakan uang tunai. Munculnya Undang-Undang No. 41 tahun 2004 pengembangan dan pengelolaan wakaf uang di relisasikan di lembaga keuangan syariah seperti halnya di Baitul Maal Wat Tamwil, BMT tidak hanya memberikan layanan pembiayaan, tetapi juga berperan sebagai nadzir dalam pengembangan dan pengelolaan wakaf uang.penelitian ini bertujuan mengetahui dan menganalisis eksistensi BMT sebagai nadzir dalam pengembangan dan pengelolaan wakaf uang perspektif Undang-Undang No 41 Tahun 2004, untuk memahami peran BMT dalam pengelolaan dana wakaf uang, mengidentifikasi berbagai tantangan yang dihadapi dan memberikan rekomendasi dalam meningkatkan eksistensi BMT dalam pengembangan dan pengelolaan wakaf uang yang sesuai dengan prinsip-prinsip syariah dan peraturan yang berlaku. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian lapangan (field research), sumber data yang digunakan adalah sumber data primer yang diperoleh melalui wawancara kepada pikah BMT dan sumber data sekunder yang di ambil peneliti secara tidak langsung dari subjek penelitian yang sudah di kumpulkan dan disajikan oleh pihak komersial dan non komersial yang bersumber dari buku-buku, jurnal, karya ilmiah, skripsi, arsip-arsip, dokumentasi, dan lainnya. Penelitian ini bertempat di BMT Assafi‟iyah Kota Gajah Lampung Tengah. Analisis data yang digunakan adalah Reduksi data, Penyajian data, Kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa baitul mal wat tamwil sebagai nadzir dalam pengelolaan dan pengembangan wakaf uang sudah sesuai dengan undang-undangyang ada, peran baitul mal wat tamwil dalam pengelolaan wakaf uang di kelola dengan melakukan pembiayaan dengan di salurkan melalui pembiayaan mudharabah dan pinjaman qardhul hasan. Hambatan yang terjadi saat melakukan pengelolaan dan pengembangan wakaf uang adalah dalam pengelolaan dan pengembangan yang belum optimal karena lemahnya menejemen pengelolaan dan kurangnya pemahaman masyarakat akan adanya wakaf uang. Katakunci: BMT,Wakaf Uang, Pengelolaan dan Pengembangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Jul 2023 01:55
Last Modified: 20 Jul 2023 01:55
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28939

Actions (login required)

View Item View Item