KONSEP PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF HASAN LANGGULUNG DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM DI ERA MILLENIAL

ANIFAH, ROSIDAH (2023) KONSEP PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF HASAN LANGGULUNG DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM DI ERA MILLENIAL. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK ANIFAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Latar belakang dalam skripsi ini yaitu bahwa pendidikan merupakan usaha mewariskan nilai, budaya, yang dapat membantu dan dapat menjadi penentu setiap manusia dalam menjalani kehidupan, terutama dalam menghadapi tantangan-tantangan di era Millenial, serta sebagai usaha memperbaiki peradaban manusia. Banyaknya generasi millenial yang sudah tidak mencerminkan sebagai seorang yang terpelajar. Mereka tidak lagi bersikap sopan dan santun sebagai orang yang beradab kepada orang yang lebih tua. Hasan Langgulung adalah salah satu tokoh pendidikan islam yang memberikan peran besar terhadap pendidikan islam. Konsep pemikiran pendidikan yang diungkapkan oleh Hasan Langgulung memandang bahwa pendidikan adalah suatu proses spiritual, akhlak, intelektual, dan sosial yang berusaha menuntun manusia dan memberi nilai-nilai prinsip keteladanan yang ideal dalam kehidupan yang bertujuan untuk mempersiapkan kehidupan dunia dan akhirat. Terdapat tiga rumusan masalah dalam skripsi ini, yaitu bagaimana konsep pendidikan islam dalam perspektif Hasan Langgulung, bagaimana pendidikan islam di era Millenial, dan bagaimana relevansi pemikiran Hasan Langgulung dengan pendidikan islam di Era Millenial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kepustakaan (Library Research), jenis penelitian yang digunakan oleh penulis yaitu deskriptif kualitatif untuk menganalisisnya menggunakan analisis (content analysis) metode ini digunakan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan tentang pemikiran Hasan Langgulung dengan karya-karyanya atau ilmuawan lain yang mendukung penelitian ini. Metode pengumpulan data pada penelitian kepustakaan ini ialah metode documenter, yakni mengumpukan sumber data, baik data primer atau sekunder kemudian mendisplaynya. Sumber data primer yang digunakan ialah dari karya tulis dari Hasan Langgulung. Sedangkan data sekunder menggunakan data yang berhubungan dan relevan dengan penelitian yang akan ditulis, yaitu dari buku, jurnal, e-book, artikel, dan internet. Hasil dari penelitian ini bisa digunakan sebagai acuan dalam mempertimbangkan proses pengembangan pendidikan islam dan dapat menilai dan mengevaluasi mengenai pendidikan islam yang dikemukakan oleh Hasan Langgulung. Dari hasil penelitian penulis bahwa konsep pendidikan isam menurut pemikiran Hasan Langgulung masih relevan untuk diterapkan pada pendidikan di era millenial ini sebagai sebuah jawaban dari solusi atas banyaknya problem yang iii bermunculan di era millenial. Dilihat dari tujuan pendidikan yang diterapkan, metode pendidikan dipakai dan kurikulum pendidikan yang diterapkan relevan dengan pendidikan saat ini. Kata Kunci: Pendidikan Islam, Hasan Langgulung, Millenial iv ABSTRACT The background of this thesis is that education is an attempt to pass on cultural values that can help and can determine every human being in living life, especially in facing challenges in the millennial era, as well as an effort to improve human civilization. Many millennials who no longer reflect as educated people. They are no longer being polite and courteous as people who are with older people. Hasan Langgulung is one of the Islamic education figures who played a big role in Islamic education. The concept of education expressed by Hasan Langgulung view that education is a spiritual, moral, intellectual and social process that seeks to demand human beings and provide ideal exemplary values in life that aims to prepare for the life of the world and the hereafter. There are three problem formulations in this thesis, namely how is the concept of Islamic education in Hasan Langgulung’s perspective, how is Islamic education in the millennial era and how is the relevance of hasan langgulung’s thoughts to Islamic education in the millennial era. The method used in this study is the library research method. The type of research used by the author is descriptive qualitative to analyze it using content analysis. This method is used in this study to describe Hasan Langgulung’s thoughts with his works or scientists. Others who support his research. The data collection method in this library research is the documentary method, namely collecting data sources, both primary and secondary data, then displaying them. The primary data source used is from the writings of Hasan Langgulung. While secondary data uses data that will be written, namely from book, journal, e-book, articles and the internet. The results of this study can be used as a reference in considering the process of developing Islamic education and can assess and evaluate Islamic education put forward by Hasan Langgulung. From the result of the author’s research that the concept of Islamic education according to Hasan Langgulung’s thoughts is still relevant to be applied to education in this millennial era as an answer to the many problems that have arisen in the millennial era. Judging from the educational goals applied, the educational method used and the educational curriculum applied are relevant to current education. Password: Islamic education, Hasan Langgulung, Millenial

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Jul 2023 08:18
Last Modified: 18 Jul 2023 08:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28937

Actions (login required)

View Item View Item