PENGARUH GAYA HIDUP BERBASIS DIGITAL DAN PERILAKU KONSUMTIF TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI MARKETPLACE SHOPEE DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Gen Z di Bandar Lampung)

FITRI, OKTAVIA (2023) PENGARUH GAYA HIDUP BERBASIS DIGITAL DAN PERILAKU KONSUMTIF TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI MARKETPLACE SHOPEE DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Gen Z di Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FITRI OKTAVIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Seiring berkembangnya trend digital gaya hidup masyarakat perlahan berubah cenderung menyukai sesuatu yang bersifat cepat, mudah, dan praktis yang dapat di lakukan melalui smartphone. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah gaya hidup berbasis digital berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada marketplace shopee? Apakah perilaku konsumtif berpengaruh terhadapat keputusan pembelian pada marketplace shopee? Dan apakah gaya hidup berbasis digital dan perilaku konsumtif secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada marketplace shopee dalam perspektif ekonomi islam? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah gaya hidup berbasis digital berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada marketplace shopee, untuk mengetahui apakah perilaku konsumtif berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada marketplace shopee, dan untuk mengetahui apakah gaya hidup berbasis digital dan perilaku konsumtif secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada marketplace shopee dalam perspektif ekonomi islam. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penelitian dilakukan di kota Bandar Lampung, populasi pada penelitian ini adalah Gen Z di Bandar Lampung, sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 96 orang yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling, kuesioner yang telah diuji validitas dan reabilitasnya, dan teknik analisis data yang digunakan adalah uji hipotesis. Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder, data dikumpulkan melalui google form dan dianalisis menggunakan program SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gaya hidup, perilaku konsumtif berpengaruh postitif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Gaya hidup dan perilaku konsumtif secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di marketplace shopee. Dalam perspektif ekonomi islam mengajarkan konsumsi bagian dari kegiatan ekonomi, namun tidak konsumtif. Kesejahteraan duniawi tidak bisa diukur dengan kemewahan, namun kesejahteraan duniawi diukur dengan tercapainya maslahah. Kata Kunci : Gaya Hidup, Perilaku Konsumtif, dan Keputusan Pembelian. ABSTRACT Along with the development of digital trends, people's lifestyles are slowly changing, they tend to prefer something that is fast, easy, and practical, which can be done via a smartphone. The formulation of the problem in this research is whether a digital�based lifestyle influences purchasing decisions on the shopee marketplace? Does consumptive behavior affect purchasing decisions on the Shopee marketplace? And do digital-based lifestyles and consumptive behavior jointly affect purchasing decisions at the Shopee marketplace in an Islamic economic perspective? The purpose of this study is to find out whether digital-based lifestyles affect purchasing decisions at the shopee marketplace, to find out whether consumptive behavior influences purchasing decisions at the shopee marketplace, and to find out whether digital-based lifestyles and consumptive behavior jointly influence decisions purchases on the Shopee marketplace in an Islamic economic perspective. This study uses a type of quantitative research. The research was conducted in the city of Bandar Lampung, the population in this study were Gen Z in Bandar Lampung, the sample used in this study were 96 people who were taken using a purposive sampling technique, a questionnaire that had been tested for validity and reliability, and the data analysis technique used was hypothesis testing. The type of data in this study is primary data, the data was collected via google form and analyzed using the SPSS program. The results of this study indicate that lifestyle has a positive and significant effect on purchasing decisions. Consumptive behavior has a positive and significant effect on purchasing decisions. Lifestyle and consumptive behavior together have a positive and significant effect on purchasing decisions in the shopee marketplace. In an Islamic economic perspective, consumption is taught as part of economic activity, but not consumptive. Worldly prosperity cannot be measured by luxury, but worldly welfare is measured by achieving maslahah. Keywords: Lifestyle, Consumptive Behavior, and Purchase Decisio.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Jul 2023 08:09
Last Modified: 18 Jul 2023 08:09
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28936

Actions (login required)

View Item View Item