BIMBINGAN ISLAM DALAM PENANAMAN PERILAKU KEAGAMAAN PADA SANTRI PENYANDANG TUNAGRAHITA DI PONDOK PESANTREN INKLUSI TRI BHAKTI AL-QUDWAH KOTA METRO

SALSA, NOVIA SUKESTI (2023) BIMBINGAN ISLAM DALAM PENANAMAN PERILAKU KEAGAMAAN PADA SANTRI PENYANDANG TUNAGRAHITA DI PONDOK PESANTREN INKLUSI TRI BHAKTI AL-QUDWAH KOTA METRO. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI SALSA NOVIA SUKESTI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Santri tunagrahita adalah suatu kondisi seorang santri yang kecerdasannya jauh dibawah rata-rata dan ditandai oleh keterbatasan inteligensi dan ketidakcakapan dalam komunikasi sosial baik dari segi fisik, mental, intelektual, emosi, sikap, maupun perilaku. Seperti halnya santri penyandang tunagrahita di Pondok Pesantren Inklusi Tri Bhakti Al Qudwah Kota Metro dalam penanaman ajaran Islam sangat sulit dikarenakan lemahnya inteligensi pemahaman mereka terhadap agama seperti ibadah sholat, berperilaku akhlak, membaca Al-Qur’an dan ibadah lainnya. Salah satu upaya untuk mengatasi keadaan santri tunagrahita tersebut adalah dengan melakukan kegiatan bimbingan Islam. Penelitian ini bertujuan untuk memahami mengidentifikasi dan menjelaskan bagaimana Pelaksanaan Bimbingan Islam Dalam Penanaman Perilaku Keagamaan di Pondok Pesantren Inklusi Tri Bhakti Al Qudwah Kota Metro. Jenis penelitian ini yaitu field research (penelitian lapangan), dengan sifat penelitian metode kualitatif deskriptif yaitu yang menggambarkan secara lengkap data yang diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penentuan informan pada penelitian ini menggunakan teknik total sampling Sumber data dalam penelitian ini yaitu 6 orang, yang terdiri dari 3 santri penyandang tunagrahita, 1 orang Kepala Pondok Pesantren Inklusi Tri Bhakti Al Qudwah Kota Metro, 2 orang pembimbing Agama Usatadz dan Ustadzah. Teknik analisis data pada penenlitian ini menggunakan teori Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan bimbingan Islam di Pondok Pesantren Inklusi Tri Bhakti Al Qudwah Kota Metro telah dilakukan dengan tahapan bimbingan Islam yaitu: 1) tahap persiapan kegiatan 2) tahap pelaksanaan kegiatan, mencangkup a) program pengenalan, b) materi kegiatan bimbingan Islam mencakup: Akidah, Akhlak, dan pengajaran Al-Qur’an, c) Metode bimbingan Islam mencakup: metode pembiasaan, metode demontrasi, metode penggulangan, metode ceramah, metode tadjrid, d) media kegiatan bimbingan Islam mencakup: Audio, Audio Visual, 3) evaluasi kegiatan, yaitu kegiatan bimbingan Islam dinilai memberikan dampak perubahan yang sesuai berdasarkan tujuan yang ingin dicapai dari pelaksanaan bimbingan Islam. Berdasarkan hasil penelitian iii diketahui bahwa santri penyandang tunagrahita yang ada di Pondok Pesantren Inklusi Tri Bhakti Al Qudwah Kota Metro memiliki perubahan yang terjadi di dalam diri mereka, baik itu berupa pola fikir baru, tingkah laku yang baik, dan sifat baru setelah melakukan setelah melakukan kegiatan pelaksanaan bimbingan Islam. Hal ini dapat dilihat dari diri santri penyandang tunagrahita memiliki bimbingan perilaku ibadah sholat, membaca Al-Qur’an dan bimbingan akhlak kepada guru dan teman. Kata Kunci: Bimbingan Islam, Perilaku Keagamaan iv ABSTRACT Santri tunagrahita is a condition of a student whose intelligence is far below average and is characterized by limited intelligence and incompetence in social communication both in terms of physical, mental, intellectual, emotional, attitude, and behavior. Like students with intellectual disabilities at the Tri Bhakti Al Qudwah Inclusion Islamic Boarding School in Metro City, instilling Islamic teachings is very difficult because of their weak intelligence understanding of religion such as praying, behaving morally, reading the Qur'an and other worship. One of the efforts to overcome the situation of students with intellectual disabilities is to carry out Islamic guidance activities. This study aims to understand, identify, and explain how the Implementation of Islamic Guidance in Instilling Religious Behavior in the Tri Bhakti Al Qudwah Inclusion Islamic Boarding School in Metro City. This type of research is field research, with the nature of descriptive qualitative method research, which describes in full the data obtained from interviews, observations, and documentation. Determination of informants in this study using total sampling technique The source of data in this study was 6 people, consisting of 3 students with intellectual disabilities, 1 Head of the Tri Bhakti Al Qudwah Inclusion Islamic Boarding School in Metro City, 2 Usatadz and Ustadzah religious supervisors. Data analysis techniques in this study use Miles and Huberman's theory, namely data reduction, data presentation, and conclusions. The results of this study show that the implementation of Islamic guidance at the Tri Bhakti Al Qudwah Inclusion Islamic Boarding School in Metro City has been carried out with the stages of Islamic guidance, namely: 1) the preparation stage of activities 2) the stage of implementation of activities, including a) introduction programs, b) the material of Islamic guidance activities includes: Akidah, Morals, and teachings of the Qur'an, c) Islamic guidance methods include: habituation methods, demonstration methods, coping methods, lecture methods, tadjrid methods, d) media of Islamic guidance activities include: Audio, Audio Visual, 3) evaluation of activities, namely Islamic guidance activities are considered to have an appropriate impact on changes based on the objectives to be achieved from the implementation of Islamic guidance. Based on the v results of the study, it is known that students with intellectual disabilities in the Tri Bhakti Al Qudwah Inclusion Islamic Boarding School in Metro City have changes that occur within them, both in the form of new mindsets, good behavior, and new traits after carrying out activities for the implementation of Islamic guidance. This can be seen from the students with intellectual disabilities who have guidance on prayer behavior, reading the Qur'an and moral guidance to teachers and friends. Keywords: Islamic Guidance, Religious Behavior

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Jul 2023 07:45
Last Modified: 18 Jul 2023 07:45
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28933

Actions (login required)

View Item View Item