EKSPRIMENTASI MODEL FLIPPED CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN KEMEMPUAN BERPIKIR KRITIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR

Lukman, Marsum (2023) EKSPRIMENTASI MODEL FLIPPED CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN KEMEMPUAN BERPIKIR KRITIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI LUKMAN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Flipped Classroom terhadap kemampuan berpikir kritis. Alasan dilakukannya penelitian ini yaitu masih rendahnya kemampuan berpikir kritis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Tulang Bawang Barat. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Cluster Random Sampling. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen 1 menggunakan perlakuan model pembelajaran Flipped Classroom, kelas eksperimen 2 kelas kontrol menggunakan perlakuan model pembelajaran Konvensional. Metode pada penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasy Eksperiment Design. Pengambilan data penelitian ini menggunakan instrumen berbentuk uraian tes dan angket, tes untuk mengukur berpikir kritis dan angket untuk gaya belajar. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah Anava dua jalan dengan taraf signifikansi 5% dengan berbantu aplikasi SPSS. Hasil penelitian ini didapat nilai signifikansi kurang dari 5% yakni sebesar 0,001 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Flipped Classrom terhadap kemampuan berpikir kritis. Dan tidak terdapat interaksi antara model Flipped Classroom Berdasarkan semua perhitungan yang dilakukan dapat dikatakan bahwa model pembelajaran Flipped Classroom berpengaruh lebih baik terhadap kemampuan berpikir kritis ditinjau dari gaya belajar Kata Kunci : Flipped Classroom, Gaya Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis iv ABSTRACT This study aims to determine whether there is an influence of the Flipped Classroom learning model on critical thinking skills. The reason for conducting this research is that the ability to think critically is still low. The population in this study were all students of class VIII SMP Negeri 23 Tulang Bawang Barat. Sampling in this study using Cluster Random Sampling. The research sample consisted of two classes, namely the experimental class 1 using the Flipped Classroom learning model treatment, the experimental class 2 the control class using the Conventional learning model treatment. The method in this study uses quantitative research with Quasy Experiment Design. Retrieval of research data using instruments in the form of test descriptions and questionnaires, tests to measure critical thinking and questionnaires for learning styles. The data analysis technique used in this study was a two way Anava with a significance level of 5% with the help of the SPSS application. The results of this study obtained a significance value of less than 5% which is equal to 0.001 so that it can be concluded that there is an influence of the Flipped Classroom learning model on critical thinking skills. And there is no interaction between the Flipped Classroom model. Based on all the calculations performed, it can be said that the Flipped Classroom learning model has a better effect on critical thinking skills in terms of learning styles. Keywords: Flipped Classroom, Learning Style and Critical Thinking Ability

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Jul 2023 07:38
Last Modified: 18 Jul 2023 07:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28932

Actions (login required)

View Item View Item