PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING (POGIL) BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP PENALARAN ANALOGI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA

RAMA, ANGGER WIBOWO (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING (POGIL) BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP PENALARAN ANALOGI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1-2 RAMA.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI RAMA FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) berbantuan mind mapping terhadap penalaran analogi dan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Alasan dilakukannya penelitian ini yaitu masih rendahnya penalaran analogi dan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Terpadu Pondok Pesantren Nurul Huda. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Cluster Random Sampling. Sampel penelitian terdiri dari tiga kelas yaitu kelas eksperimen 1 menggunakan perlakuan model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) berbantuan mind mapping, kelas eksperimen 2 menggunakan perlakuan model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL), dan kelas kontrol menggunakan perlakuan model pembelajaran ekspositori. Metode pada penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasy Eksperiment Design. Pengambilan data penelitian ini menggunakan instrumen berbentuk uraian tes untuk mengukur penalaran analogi dan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji Multivariate Analysis of Varians (MANOVA) dengan taraf signifikansi 5% dengan berbantu aplikasi SPSS. Hasil penelitian ini didapat nilai signifikansi kurang dari 5% yakni sebesar 0,000 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) berbantuan mind mapping terhadap penalaran analogi dan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Berdasarkan semua perhitungan yang dilakukan dapat dikatakan bahwa model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) berbantuan mind mapping berpengaruh lebih baik terhadap penalaran analogi dan kemampuan berpikir matematis siswa. Kata Kunci : Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL), mind mapping, penalaran analogi, kemampuan berpikir kritis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Jul 2023 07:30
Last Modified: 18 Jul 2023 07:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28931

Actions (login required)

View Item View Item