PENINGKATAN MOTORIK HALUS MELALUI MEDIA COLLOUR CARRUGATED PAPER (KOKORU) PADA ANAK USIA DINI 4-5 TAHUN DI TK RAUDOTUNNUR RAJABASA

EKA, WAHYUNI (2023) PENINGKATAN MOTORIK HALUS MELALUI MEDIA COLLOUR CARRUGATED PAPER (KOKORU) PADA ANAK USIA DINI 4-5 TAHUN DI TK RAUDOTUNNUR RAJABASA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of FIX CETAK SKRIPSI EKA WAHYUNI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Pada penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya perkembangan motorik halus anak usia 4-5 tahun di TK Roudotunnur Rajabasa, yang belum terlaksananya kegiatan pengembangan motorik halus secara maksimal dan belum pernah menerapkan pengembangan motorik halus anak menggunakan media Colour Carrugated Papaer (Kokoru). Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah media Collour Carrugated Paper (Kokoru) dapat meningkatkan motorik halus anak usia 4-5 Tahun di Tk Roudotunnur Rajabasa. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif anatara pendidik dan peserta didik dengan menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus yang tahapnya meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan , observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini digunakan adalah analisis kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui media Colour Carrugated Papaer (Kokoru) dapat dilihat dari peningkatan persentase pada setiap siklusnya. Dimana nilai rata-rata perkembangan motorik halus anak pada prasiklus sebesar 27%, pada siklus I sebesar 44% dan 85% pada siklus ke II. Besar persentase pada siklus II inilah yang menunjukkan bahwa perkembangan motorik halus anak di TK tersebut berkembang sesuai dengan harapan bahkan melebihi target persentase yang diharapkan yakni 75%. Sehingga dapat Selanjutnya diketahui bahwa media Collour Carrugated Paper (Kokoru) dapat meningkatkan motorik halus anak usia 4-5 Tahun di Tk Roudotunnur Rajabasa. Karena kertas Kokoru ini terbilang unik dari segi bentuk dan tekstur sehingga menambah antusiasme anak untuk melakukan kegiatan menggunting, menggulung dan menempel mengikuti garis dan pola yang dibuat pendidik untuk membuat suatu bentuk sayur dan buah, juga dikarenakan kemampuan pendidik yang mampu memberikan stimulasi melalui kegiatan yang menyenangkan dalam pembelajaran menggunakan media kertas kokoru, maka penggunaan media kertas kokoru dapat dijadikan bahan alternatif untuk menjadi variasi media pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan motorik halus peserta didik. Kata kunci : Motorik Halus , Anak Usia 4-5 Tahun iii ABSTRACT The background of this research is the lack of fine motor development in children aged 4-5 years in Roudotunnur Rajabasa Kindergarten, where fine motor development activities have not been implemented optimally and have never implemented fine motor development in children using Color Carrugated Papaer (Kokoru) media. The purpose of this study was to find out whether Collour Carrugated Paper (Kokoru) media can improve the fine motor skills of children aged 4-5 years at Roudotunnur Rajabasa Kindergarten. This research was carried out collaboratively between educators and students using the type of Classroom Action Research (PTK) with two cycles whose stages included: planning, action implementation, observation and reflection. The data collection technique used in this study was quantitative analysis. The results of this study indicate that through Color Carrugated Papaer (Kokoru) media it can be seen from the percentage increase in each cycle. Where the average value of children's fine motor development in pre�cycle was 27%, in cycle I was 44% and 85% in cycle II. It is this percentage in cycle II that shows that the fine motor development of children in kindergarten is developing as expected and even exceeding the expected target percentage of 75%. So that it can be further known that Collour Carrugated Paper (Kokoru) media can improve the fine motor skills of children aged 4-5 years at Roudotunnur Rajabasa Kindergarten. Because Kokoru paper is unique in terms of shape and texture, it adds to the enthusiasm of children for cutting, rolling and pasting activities following the lines and patterns made by educators to make a shape of vegetables and fruit, also due to the ability of educators to be able to provide stimulation through fun activities in learning to use kokoru paper media, the use of kokoru paper media can be used as an alternative material to become a variation of learning media in improving students' fine motor skills. Keywords: Fine Motoric, 4-5 Years Old Children

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Jul 2023 07:06
Last Modified: 18 Jul 2023 07:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28929

Actions (login required)

View Item View Item