PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE-PLAYING TERHADAP PERILAKU ASERTIF PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI NEGERI AGUNG KABUPATEN WAY KANAN

RAHMA, AFRELA (2023) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE-PLAYING TERHADAP PERILAKU ASERTIF PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI NEGERI AGUNG KABUPATEN WAY KANAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of RAHMA FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Perilaku asertif merupakan suatu bentuk hubungan atau interaksi manusia yang dapat meningkatkan kualitas hubungan dengan cara berkomunikasi, mengekspresikan perasaan dengan senang tanpa merasa cemas dan tetap menghormati peraturan dan norma-norma yang berlaku. Pada objek penelitian terdapat masalah perilku asertif dimana peserta didik kurang aktif dalam menyampaikan pendapat, pasif ketika sedang berdiskusi di kelas, sering merasakan cemas serta tidak berpegang teguh pada pendirian. Berdasarkan permasalah tersebut maka penulis berasumsi untuk melakukan penelitian pada perilaku asertif dengan judul penelitian “Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Role-Playing Terhadap Perilaku Asertif Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri Negeri Agung Kabupaten Way kanan”. Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik role-playing terhadap perilaku asertif peserta didik kelas XI SMA Negeri Negeri Agung Kabupaten Way kanan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif yang berlandasan pada filsafat positivisme. Pendekatan yang digunakan yaitu pre-experimental design dengan desain penelitian one group pre-test-post test design yaitu metode pemberian test awal (pre test) sebelum diberikan perlakuan (treatment) yang kemudian diberikan test akir (post test) setelah diberikan perlakuan (treatment). Pemberian treatment yang dilakukan peneliti yang diberikan terhadap peserta didik yang telah diketahui memiliki perilaku asertif rendah. Hasil Uji Wilcoxon diperoleh Z hitung pada subjek penelitian kelas XI yaitu - (tanda – hanya menunjukkan arah atau disebut nisbi) dengan Z tabel yang mana Z hitung lebih besar dari Z tabel ( > ), serta Asymp. Sig ( -tailed) yang lebih kecil dari Asymp. Sig . Berdasarkan hasil dari dua perbandingan tersebut menunjukan bahwa adanya perbedaan skor setelah diberikan treatment berupa layanan konseling kelompok dengan teknik role- iv playing berpengaruh terhadap perilaku asertif peserta didik kelas XI SMA Negeri Negeri Agung Kabupaten Way Kanan dengan sebelum diberikan treatment kepada peserta didik. Maka hipotesis Ha diterima: adanya pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik role�playing terhadap perilaku asertif peserta didik kelas XI SMA Negeri Negeri Agung Kabupaten Way Kanan dan sebaliknya Ho ditolak. Kata kunci : Layanan Konseling Kelompok, Teknik Role-Playing, Perilaku Asertif. v ABSTRACT Asertif behavior is a form of human relationship or interaction that can improve the quality of relationships by communicating and expressing feelings happily. improve the quality of relationships by communicating, expressing feelings happily without feeling anxious, and still respecting the rules and norms that apply. without feeling anxious and still respecting the rules and norms that apply. In the object of research, there is a problem of asertif behavior where students are less active in conveying opinions, passive when discussing opinions, passive when discussing in class, often feel anxious, and do not stick to their stance. Based on these problems, the authors assume to research asertif behavior. on asertif behavior with the research title "The Effect of Group Counseling Services with Role-Playing Techniques on Asertif Behavior". Role-Playing Techniques on Asertif Behavior of Class XI Students of SMA Negeri Negeri Agung Way Kanan Regency". The purpose of this research is to determine the effect of group counseling services group counseling services with role-playing techniques on the asertif behavior of class XI SMAN Negeri Agung Way Kanan Regency. The research method used in this research is the quantitative research method, which is based on the positivistic philosophy. which is based on the philosophy of positivism. The approach used is a pre�experimental design with a research design of one group pre-test-post test design, namely the method of giving an initial test (pre-test) before being given treatment. Before being given treatment (treatment) which is then given a final test (post-test) after being given treatment (treatment) treatment. The treatment given by researchers was given to students who have been known to have asertif behavior. Students who are known to have low asertif behavior. The results of the Wilcoxon Test obtained Z count on class XI research subjects, namely - (the - sign only indicates direction or is called relative). Only shows direction or is called relative) with Z table Z count is greater than Z table ( > ). table ( > ), and Asymp. Sig ( -tailed) which is smaller than Asymp. Sig . Based on the results of the two comparisons show vi that there is a difference in scores after being given treatment in the form of group counseling services with role-playing techniques. Treatment in the form of group counseling services with role-playing teaffectshe asertif behavior of class XI students of SMA Negeri Negeri Agung Way Kanan Regency before treatment to students. Give treatment to students. Then the hypothesis Ha is accepted: there is an effect of group counseling services with role-playing techniques on the asertif behavior of students in class XI SMAN Negeri Agung Way Kanan Regency before treatment to students. SMAN Negeri Agung Way Kanan Regency and vice versa Ho is rejected. Keywords: Group Counseling Service, Role-Playing Techniques, Asertif Behavior

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Jul 2023 04:07
Last Modified: 18 Jul 2023 04:07
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28921

Actions (login required)

View Item View Item