IMPLEMENTASI LAYANAN KONSELING INDIVIDU DENGAN COGNITIVE BEHAVIOUR THERAPY DALAM MENGATASI PERILAKU MEMBOLOS PESERTA DIDIK PADA MTs GUPPI 2 TANJUNG KARANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Prihatiwi, Dewi Nurani (2018) IMPLEMENTASI LAYANAN KONSELING INDIVIDU DENGAN COGNITIVE BEHAVIOUR THERAPY DALAM MENGATASI PERILAKU MEMBOLOS PESERTA DIDIK PADA MTs GUPPI 2 TANJUNG KARANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Full_DEWI_NURANI.pdf] PDF
Download (69MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah terdapat 10% peserta didik yang membolos dan belum dilaksanakannya layanan konseling individu dengan cognotive behaviour therapy. Permasalahan penelitian yaitu apakah layanan konseling individu dengan Cognitive Behaviour Therapy dapat mengatasi perilaku membolos peserta didik pada MTs GUPPI 2 Tanjung Karang Tahun Ajaran 2016/2017. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui implementasi layanan konseling individu terhadap perilaku membolos peserta didik kelas VIII di MTs GUPPI 2 Tanjung Karang dan untuk mengetahui implementasi Cognitive Behaviour Therapy perilaku membolos peserta didik kelas VIII di MTs GUPPI 2 Tanjung Karang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen dengan pre-Eksperimental design. Jumlah sampel penelitian yaitu sebanyak 3 peserta didik kelas VIII MTS GUPPI 2 Tanjung Karang yang dipilih berdasarkan karakteristik perilaku membolos tinggi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, wawancara dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik yang memiliki perilaku membolos tinggi mengalami perubahan setelah melaksanakan layanan konseling individu menggunakan CBT dengan teknik restrukturisasi kognitif pada peserta didik kelas VIII MTs GUPPI 2 Tanjung Karang Tahun Pelajaran 2015/2016. Berdasarkan hasil skor yang diperoleh thitung < dari ttabel (8.875 < 1.796), Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya implementasi layanan konseling individu dengan Cognitive Behaviour Therapy berpengaruh terhadap perilaku membolos peserta didik di MTs GUPPI 2 Tanjungkarang Tahun Ajaran 2016/2017. Dengan demikian peserta didik yang dikategorikan memiliki perilaku membolos tinggi terdapat perubahan setelah diberikan layanan konseling individu menggunakan CBT dengan teknik restrukturisasi kognitif. Kata Kunci: Implementasi, konseling, cognitive behaviour therapy, perilaku.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Users 516 not found.
Date Deposited: 09 Jan 2018 02:27
Last Modified: 09 Jan 2018 02:27
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2892

Actions (login required)

View Item View Item