PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RICOSRE (READING, IDENTIFIYING, CONSTRUCTING, SOLVING, REVIEWING, EXTENDING) DAN SELF CONFIDENCE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK

NOVI, ERIYANTIKA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RICOSRE (READING, IDENTIFIYING, CONSTRUCTING, SOLVING, REVIEWING, EXTENDING) DAN SELF CONFIDENCE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (7MB)
[thumbnail of NOVI FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan pemecahan masalah merupakan suatu kemampuan yang penting dimiliki peserta didik dalam proses pembelajaran matematika. Berdasarkan pra penelitian yang telah dilakukan, terlihat bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik di SMP Negeri Banjar Baru masih tergolong rendah, hal tersebut ditunjukkan oleh hasil pra penelitian kemampuan pemecahan masalah matematis kelas VII SMP Negeri Banjar Baru. Peserta didik memperoleh nilai dibawah KKM dengan nilai < sebanyak dari peserta didik. Peneliti tertarik untuk menerapkan model pembelajaran yang daoat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan dengan mengontrol self confidence peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran RICOSRE dan self confidence terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasi Eksperimental Design dengan rancangan penelitian faktorial × . Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri Banjar Baru. Teknik pengambilan sampel yang diterapkan adalah cluster random sampling dengan materi bangun datar (segiempat dan segitiga). instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket self confidence dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Pengujian hipotesis menggunakan analysis of covariance (one-way ancova), dengan taraf signifikan diperoleh ( ) p-value = < α = sehingga HoA ditolak dengan kesimpulan terdapat pengaruh model pembelajaran RICOSRE (Reading, Identifiying, Constructing, Solving, Reviewing, and Extending) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dengan mengontrol self confidence. ( ) p-value = < α = sehingga HoB ditolak dengan kesimpulan terdapat pengaruh variabel kovariat self confidence terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. ( ) p-value = < α = sehingga HoC ditolak dengan kesimpulan terdapat pengaruh secara simultan model pembelajaran RICOSRE dan self confidence terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Kata Kunci: Model Pembelajaran RICOSRE, Self Confidence dan Kemampuan pemecahan masalah matematis

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Jul 2023 03:16
Last Modified: 18 Jul 2023 03:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28915

Actions (login required)

View Item View Item