ANALISIS STRATEGI PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT DALAM PENANAMAN SIKAP SOSIAL SISWA DI KELAS V SD NEGERI 17 KRUI PESISIR BARAT

Sahyani, Ningsih (2023) ANALISIS STRATEGI PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT DALAM PENANAMAN SIKAP SOSIAL SISWA DI KELAS V SD NEGERI 17 KRUI PESISIR BARAT. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi Sahyani Ningsih.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Sikap sosial merupakan bentuk hubungan dengan sesame manusia dan juga lingkungannya. Disamping itu, manusia adalah makhluk sosial yang akan membutuhkan bantuan orang lain. Maka peserta didik harus memiliki bekal yang cukup dalam bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya. Agar peserta didik dapat bersosialisasi, karena guru sebagai pendidik untuk mencerdaskan dan memperbaiki akhlak peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaraan proses pembelajaranyang dilakukan guru dengan menggunakan strategi pembelajaran dalam menanamkan sikap sosial pada siswa kelas V SD Negeri 17 Krui Pesisir Barat. Penelitian ini merupakan Penelitian Kualitatif (Kualitatif Deskriptif). Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket dan dokumetasi. Selanjutnya data hasil penelitian dianalisis melalui serangkian analisis kualittaif, seperti melakuka pengumpulan data, mereduksi data yang tidak relevan, menyajikan data, kemudian penarik kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Strategi guru dalam menanamkan sikap sosial siswa kelas V melalui kegitan pembelajaran di SD Negeri 17 Krui Pesisir Barat adalah dengan kerja kelompok. Hasil dari pelaksanaan Strategi Pembelajaran Cooverative Learning model Teams Games Tournament dalam menanamkan sikap sosial di kelas V SD Negeri 17 Krui Pesisir Barat sudah cukup baik dan sikap sosial siswa kelas V yang tampak adalah percaya diri dan santun. Dan factor pendukung yang dihadapi oleh guru atau pendidik yaitu pendidik selalu memberikan motivasi kepada peserta didik, pendidik membagi kelompok secara heterogen, peserta didik selalu merasa senang saat pembelajaran berlangsung, pendidik sering menggunakan strategi pembelajaran cooverative learning, factor pendukung yaitu kemampuan peserta didik rendah, sarana prasarana yang kurang mendukung, kurangnya keterampilan kerja sama dan komunikasi antar siswa dan adanya peserta didik kurang bisa di atur. Kata kunci: Sikap Sosial, Strategi Pembelajaran, Teams Games Tornament. iii ABSTRACT Social attitude is a form of relationship with fellow human beings and also the environment. Besides that, humans are social creatures who will need the help of others. So students must have sufficient provisions in socializing with the surrounding environment. So that students can socialize, because teachers as educators to educate and improve the morals of students. This study aims to describe the learning process carried out by the teacher using learning strategies in instilling social attitudes in fifth grade students at SD Negeri 17 Krui Pesisir Barat. This research is a qualitative research (descriptive qualitative). Data collection was carried out through observation, questionnaires and documentation. Furthermore, the research data were analyzed through a series of qualitative analyses, such as collecting data, reducing irrelevant data, presenting data, then drawing conclusions. Test the validity of the data using source triangulation. The results of this study indicate that the teacher's strategy in instilling social attitudes in class V students through learning activities at SD Negeri 17 Krui Pesisir Barat is group work. The results of implementing the Teams Games Tournament Cooperative Learning Learning Strategy in instilling social attitudes in class V SD Negeri 17 Krui Pesisir Barat are quite good and the social attitudes of class V students that appear are confident and polite. And the supporting factors faced by teachers or educators are educators who always provide motivation to students, educators divide groups heterogeneously, students always feel happy when learning takes place, educators often use cooperative learning learning strategies, supporting factors are low student abilities, facilities unsupportive infrastructure, lack of cooperation and communication skills between students and the presence of students who cannot be managed. Keywords: Social Attitudes, Learning Strategies, Teams Games Tournament.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Jul 2023 03:05
Last Modified: 18 Jul 2023 03:05
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28914

Actions (login required)

View Item View Item