PENGARUH MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DENGAN METODE BRAINSTORMING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN SIKAP KREATIF PESERTA DIDK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X SMA

RETNA, SARI (2023) PENGARUH MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DENGAN METODE BRAINSTORMING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN SIKAP KREATIF PESERTA DIDK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X SMA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL RETNA SARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DENGAN METODE BRAINSTORMING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN SIKAP KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X SMA Oleh Retna Sari Berdasarkan yang terjadi dilapangan, pada proses pembelajaran belum pernah melatih kemampuan berpikir kreatif dan sikap kreatif dari peserta. Pembelajaran yang terjadi di kelas masih bersifat pembelajaran langsung (Direct Intruction) dan sistem pembelajaran masih menngunakan metode ceramah. Keadaan sarana dan prsarana pembelajaran biologi SMA Negeri 1 Menggala sudah sesuai untuk mendukung pembelajaran biologi . Karena sudah terdapat laboratorium biologi, hanya saja efektifitas dalam penggunaan laboratorium kurang memadai, dan penngunaan media disekolah tersebut sudah cukup memadai dibuktikkan dengan adanya proyektor namun fasilitas yang ada kurang dimanfaatkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model creative problem solving (cps) dengan metode brainstorming terhadap kemampuan berpikir kreatif dan sikap kreatif peserta didik pada mata pelajaran biologi kelas X di SMA Negeri 1 Menggala. Adapun pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini menggunakan quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X Ipa SMA Negeri 1 Menggala yang terdiri dari 5 kelas. Sampel pada penelitian ini diambil dengan teknik Cluster Random Sampling dan memperoleh kelas X ipa 2 sebagai kelas eksperimen dan X Ipa 5 sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen menerapkan model creative problem solving (cps) dengan metode brainstorming sedangkan kelas kontrol menerpakan model pembelajaran direct instruction. Teknik pengumpulan data melalui tes kemampuan berpikir kreatif, angket sikap kreatif, dokumentasi serta wawancara. Uji Prasyarat penelitian menggunakan Uji Normalitas dan Uji Homogenitas Of Variances. Sedangkan uji hipotesis penelitian menggunakan uji One sample T Tes dengan taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa perhitungan hasil penelitian menunjukan 0,000 < 0,05 dengan ketentuan H1 diterima H0 ditolak. Artinya terdapat pengaruh model creative problem solving (cps) dengan metode brainstorming terhadap kemampuan berpikir kreatif dan sikap kreatif peserta didik pada mata pelajaran bilogi kelas X SMA. Kata Kunci: Creative Problem Solving (CPS), Brainstorming, Kemampuan Berpikir Kreatif, dan Sikaf Kreatif iv ABSTRACT THE CREATIVE PROBLEM SOLVING MODEL (CPS) WITH BRAINSTORMING METHODS ON THINKING ABILITY CREATIVE AND CREATIVE ATTITUDE OF STUDENTS IN THE EYES BIOLOGY LESSON CLASS X HIGH SCHOOL By Retna Sari Based on what happened in the field , in the learning process ability think creative And attitude creative participant educate relatively low . Learning that happens in class Still characteristic learning direct ( Direct Instructions ) and system learning Still use method lecture . circumstances means And infrastructure learning biology SMA Negeri 1 Menggala Already in accordance For support learning biology . Because Already there is laboratory biology , simply just effectiveness in use laboratory not enough sufficient , and media use in schools the Already Enough adequate proved with exists projector However existing facilities _ not enough utilized . Study This aim For know the influence of the creative problem solving (cps) model with method brainstorming to ability think creative And attitude creative participant educate on eye lesson biology class X at SMA Negeri 1 Menggala . As for approach study This is approach quantitative . Type study This use quasi experiment . Population in study This is whole participant educate class X Ipa SMA Negeri 1 Menggala which consists of of 5 classes . Sample on study This taken with technique Cluster Random Sampling and obtain class X ipa 2 as class experiment and X Ipa 5 as class control . On class experiment apply the creative problem solving (cps) model with method brainstorming while class control implementing a learning model direct instructions . Technique data collection through test ability think creative , questionnaire attitude creative , documentation as well as interview . Test Precondition study use Test Normality And Test Homogeneity Of Variances . Whereas test hypothesis study use test One sample T test with level significant 0 ,05 . Results study This state that calculation results study shows 0.000 < 0.05 with condition H1 _ accepted H 0 rejected . It means there is the influence of the creative problem solving (cps) model with method brainstorming to ability think creative And attitude creative participant educate on eye lesson biology class X high school. Keywords : Creative Problem Solving (CPS), Brainstorming , Ability Think Creative , and Creative attitude

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Jul 2023 08:35
Last Modified: 18 Jul 2023 02:55
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28909

Actions (login required)

View Item View Item