IMPLEMENTASI LAYANAN KONSELING KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIKKELAS X SMK PGRI 4 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2021 / 2022

RENDY, TRY SUSANTO (2023) IMPLEMENTASI LAYANAN KONSELING KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIKKELAS X SMK PGRI 4 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2021 / 2022. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of RENDY FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini menjelaskan tentang pelaksanaan layanan konseling individu oleh guru BK dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Motivasi belajar memiliki peranan besar dalam keberhasilan individu dalam belajar. Dalam kegiatan belajar, motivasi dapat dikatakan sebagai keseluruhan daya penggerak di dalam diri peserta didik yang menimbulkan kegiatan belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi layanan konseling kelompok dalam meningkatkan motivasi peserta didik kelas X SMK PGRI Bandar Lampung Tahun Pelajaran . Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sedangkan yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru BK, guru mata pelajaran, dan peserta didik kelas X SMK PGRI Bandar Lampung. Dalam pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif analisis dengan cara mendekripsi data. Adapun hasil penelitiannya adalah layanan konseling kelompok yang dilakukan oleh guru BK sudah terlaksana dengan baik, hal ini dapat dilihat dari tahapan proses konseling yang dilakukan yaitu: ( ) Prakonseling. ( ) Tahap permulaan atau pembukaan. ( ) Tahap transisi. ( ) Tahap inti. ( ) Tahap akhir atau penutupan. ( ) Pasca bimbingan. Kedua kondisi motivasi belajar menunjukkan kondisi motivasi belajar peserta didik masih rendah karena masih ada sebagian siswa yang masih malas belajar, malas mengerjakan tugas dan sering keluar kelas pada saat jam pelajaran berlangsung, dan hal tersebut bisa dikategorikan pada tingkat motivasi belajar yang rendah. Kata Kunci : Konseling Kelompok, Motivasi Belajar iv ABSTRACT This study describes the implementation of individual counseling services by BK teachers in increasing students' learning motivation. Learning motivation has a big role in individual success in learning. In learning activities, motivation can be said as the overall driving force in students that causes learning activities. The purpose of this study was to determine the implementation of group counseling services in increasing the motivation of class X students at SMK PGRI Bandar Lampung in the academic year. This study uses a qualitative approach with a descriptive type of research. Meanwhile, the informants in this study were the principal, BK teacher, subject teacher, and class X students of SMK PGRI Bandar Lampung. In collecting data using observation techniques, interviews and documentation. The data analysis technique used is descriptive analysis by describing the data. The technique of checking the validity of the data uses participation extension, observation persistence, and triangulation. The results of the research are: First, there are stages in the implementation of group counseling services to increase learning motivation, namely: ( ) Pre-counseling. ( ) The initial or opening stage. ( ) Transition stage. ( ) Core stage. ( ) The final stage or closing. ( ) Post-guidance. The two conditions of learning motivation show that the condition of students' learning motivation is still low because there are still some students who are still lazy to learn, lazy to do assignments and often leave the class during class hours, and this can be categorized at a low level of learning motivation. Keywords: Group Counseling, Learning Motivation

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Jul 2023 08:20
Last Modified: 18 Jul 2023 02:45
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28908

Actions (login required)

View Item View Item