PERSPEKTIF HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTEK PROSTITUSI ONLINE WANITA SINGLE PARENTS MELALUI MEDIA SOSIAL MICHAT (Studi Kasus Pada Pelaku di Kecamatan Bukit Kemuning Kabupaten Lampung Utara)

NOVI, AYU JUWITA (2023) PERSPEKTIF HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTEK PROSTITUSI ONLINE WANITA SINGLE PARENTS MELALUI MEDIA SOSIAL MICHAT (Studi Kasus Pada Pelaku di Kecamatan Bukit Kemuning Kabupaten Lampung Utara). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi NOVI AYU JUWITA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Pada dasarnya dalam Islam perempuan tidak di wajibkan untuk mencari nafkah namun Islam juga tidak melarang wanita untuk melakukan pekerjaan yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya selama itu dikerjakan dengan ketentuan yang tidak melanggar agama, norma, ataupun adat istiadat dan dapat menimbulkan kebaikan baik untuk wanita tersebut maupun orang banyak. Di Kecamatan Bukit Kemuning Kabupaten Lampung Utara, terdapat beberapa wanita single parents yang sudah tidak lagi memiliki suami dan hidup dengan anaknya melakukan praktek prostitusi online di aplikasi michat untuk dapat memenuhi kebutuhan gaya hidup dirinya beserta anaknya.Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Bagaimana praktek prostitusi online wanita single parents di aplikasi Michat. Bagaimana Persfektif hukum Islam mengenai praktek prostitusi online wanita single parents melalui media sosial michat. Adapun beberapa tujuan untuk dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui praktek prostitusi online wanita single parents melalui media sosial Michat yang dilakukan untuk pemenuhan gaya hidup.Untuk mengetahui Persfektif hukum Islam mengenai praktek prostitusi online wanita single parents melalui media sosial Michat. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan ((Field Research) yaitu suatu penelitian yang akan dilakukan dalam kehidupan yang sebenarnya, dalam hal ini data maupun informasi bersumber dari para wanita single parents yang melakukan praktek prostitusi online di aplikasi Michat. Menurut sifatnya penelitian ini termasuk penelitian deskriftif. Sumber data yang didapatkan dari penelitian ini diambil dari data primer dan sekunder, yaitu Sumber data primer dalam penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara dengan para wanita single parents yang melakukan praktek prostitusi online di aplikasi Michat. Dan Sumber data primer dalam penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara dengan para wanita single parents yang melakukan praktek prostitusi online di aplikasi Michat. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perbuatan praktek prostitusi online yang dilakukan oleh wanita single parents melalui media sosial michat untuk pemenuhan gaya hidup dan menafkahi anaknya di Kecamatan Bukit Kemuning Kabupaten Lampung utara menurut perspektif hukum Islam adalah perbuatan zina dan suatu bentuk perbuatan yang berlebih-lebihan seperti yang telah tercantum dalam Qur’an Surah Al-Isra ayat 32, Qur’an Surah An-Nur ayat 2 dan ayat 30 yang menjelaskan larangan zina dan Qur’An Surah Asy-Syura ayat 27 dan Qur’an Surah Al-Furqon ayat 67 yang menjelaskan sebagai seorang muslim tidak diperbolehkan berlebih-lebihan Kata Kunci: Praktek prostitusi online, wanita single parents, Michat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Divisions: Fakultas Syariah > Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Jul 2023 07:40
Last Modified: 17 Jul 2023 07:40
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28903

Actions (login required)

View Item View Item