PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SDN 2 SUKAMAJU KECAMATAN ULU BELU KABUPATEN TANGGAMUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Yulianti, Nirva (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SDN 2 SUKAMAJU KECAMATAN ULU BELU KABUPATEN TANGGAMUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (12MB) | Preview

Abstract

Dalam pembelajaran IPS Kelas IV SDN 2 Sukamaju Kecamatan Ulu Belu Kabupaten Tanggamus. Guru terbiasa menggunkan metode ceramah, belum pernah menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe teams games tournament (TGT), kurangnya guru dalam menerapkan motede pembelajaran dikelas berpengaruh terhadap aktivitas peserta didik sehingga pecapaian hasil belajar peserta didik banyak yang belum mencapai KKM yang telah ditentukan. Dengan kondisi di atas memotivasi peneliti untuk mencari solusi dengan menerapkan model pembelajaran cooperative learning tipe teams games tournament (TGT), kurangnya guru dalam menerapkan model pembelajaran dikelas berpengaruh terhadap karena metode ini adalah salah satu model pembelajaran yang mendorong peserta didik untuk ikut aktif dalam pembelajaran berlangsun, model pembelajaran ini juga menguji pemahaman peserta didik dengan suasana belajar yang menyenangkan. Rumusan masalah yang di ajukan adalah “Apakah penggunaan model pembelajaran cooperative learning tipe teams games tournament (TGT), dapat meningkatkan hasil belajar Peserta didik pada mata pelajaran IPS Kelas IV SDN 2 Sukamaju Kecamatan Ulu Belu Kabupaten Tanggamus?” Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus yang tahapannya meliputi : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penlitian ini adalah Peserta didik kelas IV SDN 2 Sukamaju Kecamatan Ulu Belu Kabupaten Tanggamus. teknik penggumpulan data menggunakan observasi/pengamatan, tes, wawancara dan dokumentasi. Data di analisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil belajar pesrta didik mengalami peningkatan. Siklus I permuan II nilai rata-rata peserta didik sebesar 6,65%, 11 peserta didik tuntas 68.75% sedangkan 5 peserta didik belum tuntas 31.25%, siklus II pertemuan II nilai rata-rata meningkat menjadi 7,71 % 14 peserta didik tuntas dengan persentase 87,5% sedangkan 2 peserta didik belum tuntas dengan persentase 12,5%. berdasarkan hasil penlitian dapat di simpulkan bahwa model pembelajaran cooperative learning tipe teams games tournament (TGT), dapat meningkatkan hasil beajar peserta didik pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN 2 Sukamaju Kecamatan Ulu Belu Kabupaten Tanggamus Tahun Pelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 07 Mar 2017 07:30
Last Modified: 07 Mar 2017 07:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/289

Actions (login required)

View Item View Item