IMPLEMENTASI PEMBACAAN ASMAUL HUSNA TERHADAP KONTROL EMOSI ANAK TUNAGRAHITA SEDANG SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) NEGERI PKK PROVINSI LAMPUNG

Komariah, Komariah (2023) IMPLEMENTASI PEMBACAAN ASMAUL HUSNA TERHADAP KONTROL EMOSI ANAK TUNAGRAHITA SEDANG SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) NEGERI PKK PROVINSI LAMPUNG. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI. bab 1-2 dapus.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Tunagrahita merupakan sebutan bagi individu yang memiliki Intelligence Quotient (IQ) dibawah rata-rata yang berkisar antara 30-50, dengan keterbatasan tersebut membuat anak Tunagrahita memiliki berbagai masalah seperti masalah sosial dan emosional, hal itu ditandai dengan sikap yang diekpresikan ketika emosi seperti marah, menangis dan serusak sesuatu yang ada disekitarnya, dan yang terjadi pada anak Tunagrahita sedang di sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri PKK Provinsi Lampung dimana emosional mereka belum stabil yang ditandai dengan ribut di dalam kelas, marah-marah, teriak-teriak, menangis, memukul dan bermain diluar kelas pada saat proses belajar berlangsung. Masalah�masalah tersebut perlu dikendalikan oleh guru maupun orang tua karena apabila dibiarkan akan berpengaruh kepada perkembangan anak Tunagrahita. Hal yang bisa dilakukan untuk mengendalikan emosi adalah membaca dzikir Asmaul Husna, karena Asmaul Husna mampu memberikan ketenangan, kenyamanan dan energi positif bagi siapapun yang membacanya Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan metode kualitatif deskriptif, didalam pengambilan sempel penelitian ini menggunakan nonprobabiliti sampling dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi kemudian hasil akhir dengan mereduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Implementasi Pembacaan Asmaul Husna Terhadap Kontrol Emosi anak Tunagrahita Sedang Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri PKK Provinsi Lampung, dan apa saja yang menjadi faktor pendukung serta penghambatnya. Hasilnya kegiatan dari Implementasi Pembacaan Asmaul Husna yang dilakukan oleh anak Tunagrahita di kelas Xc dapat berjalan dengan cukup baik, mereka sangat antusias untuk mengikuti apa yang diajarkan oleh guru, perubahannya pun dapat terlihat dari sikap yang ditunjukannya yaitu mereka tidak banyak ribut didalalam kelas, tidak keluar kelas dan emosinya terkendali karena Asmaul Husna memberikan energi yang positif dalam jiwa seseorang. Faktor pendukung dari penelitian ini adalah dukungan dari lingkungan kelasnya serta kesiapan dari guru pembimbingnya. Sedangkan faktor penghambatnya seperti kurangnya pemahaman orangtua, mood anak yang tidak baik, hilangnya lembaran Asmaul Husna dan ketidaksiapan guru Pembimbing. Kata Kunci: Asmaul Husna, Kontrol Emosi, Anak Tunagrahita. ABSTRACT Tunagrahita is a term for individuals who have an Intelligence Quotient (IQ) below average which ranges from 30-50, with these limitations making children with intellectual disabilities have various problems such as social and emotional problems, it is characterized by attitudes that are expressed when emotions such as anger, crying and damage something around them, and what happens to children with intellectual disabilities are in the Special School (SLB) of the PKK State of Lampung Province where emotional They are not yet stable which is characterized by noise in the classroom, anger, shouting, crying, hitting and playing outside the classroom during the learning process. These problems need to be controlled by teachers and parents because if left unchecked it will affect the development of children with intellectual disabilities. The thing that can be done to control emotions is to read the dhikr of Asmaul Husna, because Asmaul Husna is able to provide calm, comfort and positive energy for anyone who reads it This research uses a type of field research with a descriptive qualitative method approach, in taking a sample of this research using nonprobabiliti sampling with purposive sampling techniques. This research was conducted by observation, interview and documentation methods then the final results by reducing data, presenting data and drawing conclusions. The purpose of this study is to find out how the Implementation of Asmaul Husna Reading on Emotional Control of Children with Intellectual Disabilities in Special Schools (SLB) of the PKK State of Lampung Province, and what are the supporting and inhibiting factors. As a result, the activities of the Asmaul Husna Reading Implementation carried out by children with intellectual disabilities in class Xc can run quite well, they are enthusiastic to follow what is taught by the teacher, the change can also be seen from the attitude they show, namely they do not make much noise in class, do not leave the classroom and their emotions are controlled because Asmaul Husna provides positive energy in one's soul. The supporting factors of this study are the support of the classroom environment and the readiness of the guidance teacher. While the inhibiting factors such as lack of parental understanding, bad mood of children, loss of Asmaul Husna sheets and unpreparedness of the Guidance teacher. Keywords: Asmaul Husna, Emotional Control, Children with Intellectual Disabilities.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Akhlak dan Tasawwuf
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Akhlak dan Tasawwuf
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Jul 2023 07:23
Last Modified: 17 Jul 2023 07:23
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28897

Actions (login required)

View Item View Item