TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP ANAK ANGKAT BERSTATUS NON MUSLIM (Studi Di Kotabumi Ilir Kecamatan Kotabumi Kabupaten Lampung Utara)

DHEA, ALIZKA (2023) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP ANAK ANGKAT BERSTATUS NON MUSLIM (Studi Di Kotabumi Ilir Kecamatan Kotabumi Kabupaten Lampung Utara). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi Dhea_Alizka_1921010035.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Pengangkatan anak adalah tindakan hukum untuk mengalihkan hak asuh anak dari orang tua, wali sah atau orang lain yang bertanggung jawab atas kewenangan pengasuhan, pendidikan dan pengasuhan anak ke dalam pengasuhan orang tua angkat. Adopsi Anak pada umumnya banyak dilakukan oleh pasangan suami istri yang tidak dapat memiliki keturunan. Selain faktor reproduksi, masih banyak hal lain yang menjadi motivasi dalam mengadopsi anak, salah satunya adalah belas kasihan. Tetapi terdapat fenomena anak angkat yang berbeda agama dengan calon orang tua angkatnya sebagaimana yang terjadi di Kotabumi Ilir. Hal ini tentu tidak sesuai dengan hukum Islam dan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia. Berdasarkan latar belakang masalah di atas maka rumusan masalah yang perlu dijawab melalui penelitian ini adalah (1) Bagaimana proses pengangkatan anak di Kotabumi Ilir Kecamatan Kotabumi Kabupaten Lampung Utara? (2) Bagaimana tinjauan hukum Islam dan Undang-Undang terhadap pengangkatan anak non muslim di Kotabumi Ilir Kecamatan Kotabumi Kabupaten Lampung Utara?. Adanya penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui bagaimana proses pengangkatan anak di Kotabumi Ilir Kecamatan Kotabumi Kabupaten Lampung Utara. Untuk mengetahui bagaimana tinjauan hukum Islam dan Undang-Undang terhadap pengangkatan anak di Kotabumi Ilir Kecamatan Kotabumi Kabupaten Lampung Utara. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif analisis. Sumber data yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu sumber data primer diperoleh melalui wawancara dengan pasangan suami istri yang melakukan pengangkatan anak non muslim di Kotabumi Ilir. Dan sumber data sekunder diperoleh melalui buku-buku artikel-artikel, karya ilmiah yang berkaitan dengan pengangkatan anak non muslim dan monografi desa. Metode pengumpulan data yang diperoleh yaitu melalui interview, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pengangkatan anak di Kotabumi Ilir Kecamatan Kotabumi Kabupaten Lampung Utara bahwa prosesnya tidak melalui pengadilan tetapi mereka masih menggunakan cara dibawah tangan hal tersebut dikarenakan masih kurangnya pengetahuan mengenai hukum terutama dalam hal pengangkatan anak. Tinjauan hukum Islam dalam hal ini sudah sesuai dengan hukum Islam dimana anak angkat yang beragama non muslim di Islamkan terlebih dahulu sehingga tidak terjadi berbaur nya agama dalam satu keluarga. Pengangkatan anak oleh calon orang tua yang berbeda keyakinan dapat dilaksanakan apabila telah memiliki surat pernyataan dari orang tua kandung calon anak angkat yang menyatakan mengizinkan sang anak mengikuti keyakinan orang tua angkatnya. Kata Kunci: Anak Angkat, Hukum Islam, Non Muslim

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Divisions: Fakultas Syariah > Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Jul 2023 07:07
Last Modified: 17 Jul 2023 07:07
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28893

Actions (login required)

View Item View Item