MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA MAGIC PUFFER BALL DI PAUD INDAH MEKAR TANJUNG RAJA KOTA BUMI

MITA, PRIHATININGSIH (2023) MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA MAGIC PUFFER BALL DI PAUD INDAH MEKAR TANJUNG RAJA KOTA BUMI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI MITA PRIHATININGSIH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Pada penelitian masalah yang peneliti temukan adalah kurang berkembangnya kreativitas anak usia di di PAUD Indah Mekar Tanjung Raja, dikarenakan pembelajaraan yang monoton dan fasilitas media penunjang perkembangan kreativitas yang masih kurang. Oleh karena itu, peneliti mengajukan penelitian menggunakan Media Magic Puffer Ball dalam proses pembelajaran memiliki dampak yang sangat penting dalam meningkatkan kreativitas anak. Karena, dengan penggunaan Media Magic Puffer Ball dapat membuat anak berimajinasi,berkreasi dan mengembangkan ide yang dimiliki. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu”Apakah Media Magic Puffer Ball dapat meningkatkan kreativitas anak usia 5-6 tahun di PAUD Indah Mekar Tanjung Raja?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah media Magic Puffer Ball dapat mengembangkan kreativitas anak usia dini di PAUD Indah Mekar, Mekar Jaya, Kec. Tanjung Raja. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan menggunakan model penelitian Spiral oleh Kemmis dan Mc Taggart. Subjek pada penelitian ini menggunakan anak pada PAUD Indah Mekar Tanjung Raja yang berjumlah 25 peserta didik. Objek pada penelitian ini yaitu meningkatkan kreativitas anak. Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan media Magic Puffer Ball dapat mengembangkan kreativitas anak usia dini di Paud Indah Mekar, Tanjung Raja. Hal ini dapat dilihat dari p yang terjadi perkembangan pada saat pra penelitian hingga pada setiap siklus. Pada saat pra penelitian terdapat 0 (0%) anak yang Berkembang Sangat Baik (BSB) dari keseluruhan jumlah sisiwa. Kemudian pada Siklus I Anak yang Berkembangan Sangat Baik (BSB) menjadi 4 (16%) anak dan pada siklus II anak yang Berkembang Sangat Baik (BSB) sebanyak 19 (76%) anak didik yang telah mencapai standar peneliaian yang telah ditetapkan. Kata kunci: Kreativitas, Magic Puffer Ball, Anak Usia Dini iii ABSTRACT In the study, the problem that the researchers found was the underdeveloped creativity of young children at the Indah Mekar Tanjung Raja PAUD, due to monotonous learning and media facilities supporting the development of creativity which were still lacking. Therefore, researchers propose research using Magic Puffer Ball Media in the learning process to have a very important impact on increasing children's creativity. Because, using the Media Magic Puffer Ball can make children imagine, be creative and develop the ideas they have. The formulation of the problem in this study is "Can Media Magic Puffer Ball increase the creativity of children aged 5-6 years at PAUD Indah Mekar Tanjung Raja?". The purpose of this study was to find out whether Magic Puffer Ball media can develop early childhood creativity in Indah Mekar PAUD, Mekar Jaya, Kec. Cape King. This study used the Classroom Action Research (PTK) method, using the Spiral research model by Kemmis and Mc Taggart. The subjects in this study used children at the Indah Mekar Tanjung Raja PAUD, totaling 25 students. The object of this research is to increase children's creativity. Data collection techniques using Observation Techniques, Interviews, and Documentation. Based on the results of research conducted by researchers, it can be concluded that using Magic Puffer Ball media can develop the creativity of early childhood at Indah Mekar Early Childhood Education, Tanjung Raja. This can be seen from the p development that occurred during the pre-research up to each cycle. At the time of the pre-study there were 0 (0%) children who developed very well (BSB) out of the total number of students. Then in cycle I the children who developed very well (BSB) became 4 (16%) children and in cycle II the children who developed very well (BSB) were 19 (76%) students who had reached the established assessment standards. Keywords: Creativity, Magic Puffer Ball, Early Childhood

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Jul 2023 07:07
Last Modified: 17 Jul 2023 07:07
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28892

Actions (login required)

View Item View Item