PEMODELAN MATEMATIKA UNTUK MINAT BELI PELANGGAN TERHADAP PRODUK (Studi Kasus pada UKM Fahmi Mandiri Lampung Selatan)

Farida, Ulfa (2018) PEMODELAN MATEMATIKA UNTUK MINAT BELI PELANGGAN TERHADAP PRODUK (Studi Kasus pada UKM Fahmi Mandiri Lampung Selatan). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img] PDF
Download (4MB)

Abstract

Pemodelan matematika merupakan proses dalam menurunkan model matematika dari suatu fenomena berdasarkan asumsi-asumsi yang digunakan. Tujuan dari adanya sebuah model matematika adalah memungkinkan dilakukan proses pengambilan keputusan mengenai situasi nyata dengan menganalisis model tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan model matematika dari minat beli pelanggan terhadap produk keripik pisang UKM Fahmi Mandiri dan untuk mengetahui faktor apa yang paling berpengaruh dari minat beli pelanggan terhadap produk keripik pisang UKM Fahmi Mandiri. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dan metode survei. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Angket diberikan kepada pelanggan UKM Fahmi Mandiri dan berguna untuk mendapatkan informasi mengenai minat beli responden terhadap produk keripik pisang UKM Fahmi Mandiri. Teknik pengambilan sampel dengan accidental sampling. Analisis data berdasarkan analisis regresi linier berganda dengan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, multikolinearitas, dan heteroskedastisitas. Hasil perhitungan menggunakan analisis regresi diperoleh model matematika dari minat beli pelanggan terhadap produk keripk pisang UKM Fahmi Mandiri yaitu . Dengan tingkat signifikan variabel harga( ) sebesar 0 dan variabel merek ( ) sebesar < 0,05 menunjukkan bahwa harga ( dan merek ( secara parsial memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat beli. Berdasarkan model matematika yang diperoleh disimpulkan bahwa variabel yang paling besar pengaruhnya dari minat beli pelanggan terhadap produk keripik pisang UKM Fahmi Mandiri adalah harga ( . Hal ini dapat dilihat dari nilai koefisien regresi variabel harga sebesar 0,601 lebih besar daripada koefisien regresi variabel merek . KataKunci: model, matematika, Minat, Beli, Produk.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 516 not found.
Date Deposited: 09 Jan 2018 02:18
Last Modified: 09 Jan 2018 02:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2889

Actions (login required)

View Item View Item