PROBLEMATIKA IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMKN 2 BANDAR LAMPUNG

Fahrul, Ashari (2023) PROBLEMATIKA IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMKN 2 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dalam dunia Pendidikan, Kurikulum adalah salah satu instrument untuk mengubah hidup atau mempertahankan hidup dari semua perubahan-perubahan yang ada, setiap zaman Pendidikan akan mengikuti kemajuan zamannya, oleh karena itu perubahan dan perkembangan dalam Pendidikan adalah hal yang memang harus terjadi sejalan dengan perkembangan dan kemajuan budaya dalam kehidupan. Perubahan dalam arti membawa Pendidikan kearah yang lebih baik dan lebih berkualitas harus terus menerus dilakukan, karena sebagai antisipasi kepentingan masa depan yang dituntut untuk menjadi manusia modern.Salah satu ciri manusia modern adalah manusia yang selalu punya keinginan untuk berubah menjadi lebih baik dari sebelumnya. Berdasarkan latar belakang masalah maka rumusan masalah yang didapat yakni “Problematika Implementasi kurikulum merdeka pembelajaran pendidikan agama Islam di SMKN 2 Bandar Lampung” Oleh karna itu, maka didapatkan tujuan dari penelitian ini adalah “Untuk mengetahui permasalahan Implementasi kurikulum merdeka pembelajaran pendidikan agama Islam di SMKN 2 Bandar Lampung Penelitian ini termasuk dalam metode penelitian lapangan (Field Research),dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Dimana penelitian kualitatif deskriptif ini merupakan penelitian yang berusaha untuk mendeskripsikan suatu peristiwa, gejala, atau kejadian yang sedang terjadi.Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian peneliti dilapangan menunjukkan bahwasannya terdapat problematika implementasi kurikulum merdeka pembelajaran pendidikan agama islam di SMKN 2 Bandar Lampung yakni : pertama, didapatkan problematika dari guru pendidikan agama islam dimana guru masih bingung dalam menentukan tahap perecanaan dikarenakan guru masih belum terlalu paham terkait tata cara penyusunan perencanaan perangkat pembelajaran kurikulum merdeka pendidikan agama islam yang baik dan benar.Kedua, didapatkan problematika pada saat proses pembelajaran dimulai guru terkadang masih terbawa minsed lama yang mana ketika proses pembelajaran di mulai tidak jarang ditemukannya guru pendidikan agama islam yang masih sering mengunakan metode ceramah. Ketiga, dapatkan problematika dimana tahap evaluasi atau penilaian masih menggunakan metode lama yaitu dimana guru masih meminta siswa untuk mengerjakan sebuah soal dan ketika selesai mengerjakan soal, guru meminta siswa untuk mengumpulkan hasil dari jawaban yang telah siswa kerjakan. Implementasi Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMKN 2 Bandar Lampung sudah genap kurang lebih 2 tahun yaitu dimulai tahun 2020/2021. Implementasi Kurikulum Merdeka yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam di SMKN 2 Bandar Lampung belum 100% maksimal. Kata Kunci : Kurikulum,Problematika,Implementasi iv ABSTRACT In the world of education, the curriculum is one of the instruments to change life or maintain life from all the changes that exist, every era of education will follow the progress of its era, therefore changes and developments in education are things that really have to happen in line with developments and progress. culture in life. Change in the sense of bringing education to a better and more qualified direction must be continuously carried out, because in anticipation of future interests that are required to become modern humans. One of the characteristics of modern humans is humans who always have the desire to change to be better than before. Based on the background of the problem, the formulation of the problem obtained is "Problematics of implementing an independent curriculum for learning Islamic religious education at SMKN 2 Bandar Lampung." Bandar Lampung This research is included in the field research method (Field Research), using a descriptive qualitative research type. Where this descriptive qualitative research is research that seeks to describe an event, symptom, or event that is happening. Data collection techniques use observation, interviews, and documentation. The results of research by researchers in the field show that there are problems with implementing the independent curriculum of learning Islamic religious education at SMKN 2 Bandar Lampung, namely: first, there are problems from Islamic religious education teachers where teachers are still confused in determining the planning stage because teachers still don't really understand the procedures for preparing plans. Islamic religious education independent curriculum learning tools are good and correct. Second, there are problems when the learning process begins, teachers are sometimes still carried away by old thoughts, which when the learning process begins, it is not uncommon to find Islamic religious education teachers who still often use the lecture method. Third, get problems where the evaluation or assessment stage still uses the old method, namely where the teacher still asks students to work on a question and when they finish working on the problem, the teacher asks students to collect the results of the answers students have worked on. The implementation of the Independent Curriculum in learning Islamic religious education at SMKN 2 Bandar Lampung has been completed for approximately 2 years, starting in 2020/2021. The implementation of the Independent Curriculum carried out by Islamic Religious Education teachers at SMKN 2 Bandar Lampung has not been 100% optimal. Keywords: Curriculum, Problematics, Implementation

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Jul 2023 06:45
Last Modified: 17 Jul 2023 06:45
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28889

Actions (login required)

View Item View Item