PENGARUH KEMANDIRIAN, KOMPLEKSITAS, DAN SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL TERHADAP KETAPATAN WAKTU PELAPORAN KEUANGAN (Studi kasus pada Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Provinsi Lampung)

Mutia, Sulistiana (2023) PENGARUH KEMANDIRIAN, KOMPLEKSITAS, DAN SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL TERHADAP KETAPATAN WAKTU PELAPORAN KEUANGAN (Studi kasus pada Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Provinsi Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL MUTIA SULISTIANA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Kegunaan laporan keuangan akan berkurang bilamana laporan tidak tersedia bagi pengguna dalam suatu periode tertentu setelah tanggal pelaporan. Ketepatan waktu laporan keuangan secara tegas dinyatakan sebagai karakteristik kualitatif penting informasi keuangan. Informasi tidak relevan jika tidak tepat waktu, dimana informasi harus tersedia bagi pihak yang berkepentingan sebelum informasi tersebut kehilangan kapasitasnya dalam mempengaruhi keputusan. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk meniliti tentang faktor yang mempengaruhi ketepatan waktu pelaporan keuangan. Serta peneliti juga tertarik untuk meneliti faktor lainnya yang dapat mempengaruhi ketepatan waktu pelaporan keuangan seperti Kemandirian dan Kompleksitas pada BPKAD Provinsi Lampung. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan Teori stewardship dibangun berdasarkan asumsi filosofi mengenai hakekat sifat- sifat manusia yang dapat dipercaya, mampu bertindak dan bertanggungjawab, memiliki integritas dan kejujuran untuk kepentingan publik dan stakeholder. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini karyawan di bidang Akuntnasi Pelaporan BPKAD berjumlah 30 responden. Metode pengumpulan datayang digunakan yaitu kuesioner (angket) yang secara langsung diberikan kepada pengumpul datanya. Teknik analisis data dilakukan dengan metode SPSS 19 Berdasarkan hasil penelitian, kemandirian, kompleksitas dan Sistem Pengendalian Internal secara parsial berpengaruh positif terhadap ketepatan waktu pelaporan keuangan pada Uji T 10,841 lebih besar dari T tabel sebesar 1,669 dan nilai signifikannya 0,000. Pengaruh simultan berpengaruh positif karena nilainya +. Koofisien Determinasi dari seluruh variabel terhadap ketepatan waktu pelaporan keuangan terdapat 65,5% pengaruh dari variabel independen ke variabel dependen , sisa nya sebesar 34,5 menunjukan jika ketepatan waktu pada pelaporan keuangan dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti. Kata kunci: Kemandirian, Kompleksitas, Sistem Pengendalian Internal, Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan, BPKAD.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Konsentrasi Akuntansi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Konsentrasi Akuntansi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Jul 2023 03:14
Last Modified: 17 Jul 2023 03:14
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28887

Actions (login required)

View Item View Item