MANAJEMEN PELAYANAN PT MAKKAH MULTAJAM SAFIR DI KOTA BANDAR LAMPUNG TERHADAP CALON JAMAAH HAJI DAN UMROH

Rizkyta, Guslian Putra (2023) MANAJEMEN PELAYANAN PT MAKKAH MULTAJAM SAFIR DI KOTA BANDAR LAMPUNG TERHADAP CALON JAMAAH HAJI DAN UMROH. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER 1-2-5 FIX.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL FIX.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Ibadah Haji adalah rukun islam yang kelima. Haji dan umrah merupakan salah satu ibadah yang diwajibkan atas setiap muslim yang mampu. Kewajiban ini merupakan rukun Islam yang kelima. karena haji merupakan kewajiban, maka setiap orang yang mampu, apabila tidak melakukannya, ia berdosa dan apabila dilakukan dia mendapat pahala. Haji dan umrah hanya diwajibkan sekali seumur hidup. Ini berarti bahwa seseorang telah melakukan haji yang pertama, maka selesailah kewajibannya. Kewajiban untuk berhaji minimal sekali dalam hidup itu, dibebankan hanya kepada orang muslim yang mampu dalam arti luas, yaitu mampu secara jasmani maupun rohani. Selain itu, “mampu” berarti juga mampu secara finansial, dalam arti memiliki dana yang diperlukan untuk menjalankan ibadah haji yang dilaksanakan di tempat jauh. Metode penelitian yang digunakan ialah penelitian jenis lapangan yaitu suatu penelitian yang langsung dilakukan di lokasi penelitian atau pada responden. Penelitian ini bersifat penelitian kualitatif deskriptif yaitu penelitian berupa menghimpun, mengolah dan menganalisis data secara kualitatif. Maksud dari pendekatan investigasi adalah peneliti mengumpulkan data dengan cara menatap muka secara langsung dan berinteraksi dengan orang-orang di tempat penelitian. Memberikan penjelasan dan jawaban terhadap pokok permasalahan yang penulis teliti, bukan berarti untuk menguji atau mencari teori baru melainkan mengembangkan teori penelitian. Analisis penulis dalam karya ilmiah ini adalah Dengan pelayanan yang diterapkan oleh PT. Makkah Multajam Safir, memperlihatkan gairah kerja dan etos kerja yang tinggi dan menunjukkan sikap selalu siap untuk memberikan pelayanan terbaik terhadap jamaahnya, serta memiliki keterampilan, keandalan, bernampilan baik dan rapi (good performance), bersikap ramah serta mampu berkomunikasi dan menciptakan hubungan yang baik (good relationship) dengan jamaah. Kata Kunci : Manajemen, Pelayanan, Haji dan Umroh. v ABSTRACT Hajj is the fifth pillar of Islam. Hajj and Umrah are obligatory acts of worship for every capable Muslim. This obligation is the fifth pillar of Islam. because pilgrimage is an obligation, then everyone who is able, if he does not do it, he is sinful and if he does he gets a reward. Hajj and Umrah are only obligatory once in a lifetime. This means that someone has performed the first Hajj, then the obligation is completed. The obligation to perform haj at least once in one's life is borne only by Muslims who are capable in a broad sense, namely physically and spiritually capable. In addition, "able" also means financially able, in the sense of having the funds needed to carry out the pilgrimage which is carried out in a remote place. The research method used is field type research, namely research that is directly carried out at the research location or on the respondent. This research is descriptive qualitative research, namely research in the form of collecting, processing and analyzing data qualitatively. The purpose of the investigative approach is that researchers collect data by looking face to face and interacting with people in the research area. Providing explanations and answers to the main issues that the author examines, does not mean to test or look for new theories but to develop research theories. The author's analysis in this scientific paper is that with the services implemented by PT. Makkah Multajam Safir, exhibits high work passion and work ethic and shows an attitude of always being ready to provide the best service to its congregation, as well as having skills, reliability, good appearance and neat (good performance), being friendly and able to communicate and create good relationships ( good relationship) with the congregation. Keywords: Management, Services, Hajj and Umroh.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Jul 2023 07:28
Last Modified: 14 Jul 2023 07:28
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28885

Actions (login required)

View Item View Item