BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM DENGAN TEKNIK REINFORCEMENT POSITIF UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PADA SANTRI PONDOK PESANTREN MUMTAZ IBADURRAHMAN TANGERANG

ANNI, AFIFAH ANGGRAINI (2023) BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM DENGAN TEKNIK REINFORCEMENT POSITIF UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PADA SANTRI PONDOK PESANTREN MUMTAZ IBADURRAHMAN TANGERANG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (8MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL ANNI AFIFAH ANGGRAINI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar sudah menjadi hal yang biasa jika ada rasa lelah, malas, jenuh dan perasaan lainnya yang mana hal tersebut dapat mempengaruhi minat belajar seseorang. Akan tetapi perasaan-perasaan tersebut tidak boleh dibiarkan begitu saja. Maka dari itu Pondok Pesantren Mumtaz Ibadurrahman melakukan upaya dalam meningkatkan minat belajar santri dengan menggunakan teknik reinforcement positif. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk pelaksanaan bimbingan dan konseling Islam dengan teknik reinforcement positif untuk meningkatkan minat belajar pada santri Pondok Pesantren Mumtaz Ibadurrahman Tangerang. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini, yaitu 8 santri putri kelas II, 1 kepala sekolah dan 2 ustadzah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis data Miles dan Huberman, yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan bimbingan dan konseling Islam dengan teknik reinforcement positif untuk meningkatkan minat belajar pada santri dilakukan melalui lima tahap, yaitu: 1) Tahap pengamatan, yaitu mengamati kebiasaan belajar santri, keseharian santri dan melakukan diskusi mengenai hasil belajar santri. 2) Tahap penetapan, yaitu mengumpulkan data untuk menetapkan masalah santri beserta latar belakangnya. 3) Tahap penentuan, pada tahap ini kegiatan yang dilakukan adalah menentukan terapi yang diberikan sesuai dengan masalah dan latar belakangnya. 4) Tahap treatment (terapi), pada tahap ini kegiatan yang dilakukan adalah penerapan teknik reinforcement positif yang bersifat verbal dan verbal yang dilakukan saat kegiatan belajar mengajar berlangsung. 5) Tahap evaluasi, pada tahap ini yang dilakukan adalah melihat perubahan yang terjadi pada diri santri sebelum dan sesudah mendapatkan penguatan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah teknik reinforcement positif untuk meningkatkan minat belajar santri telah berhasil dilakukan dan mendapat efek yang positif dengan berubahnya suasana kelas saat kegiatan belajar mengajar berlangsung. Kata Kunci: Bimbingan dan Konseling Islam, Minat Belajar, Teknik Reinforcement Positif iii ABSTRACT In participating in teaching and learning activities it has become commonplace if there are feelings of fatigue, laziness, boredom and other feelings which can affect one's interest in learning. However, these feelings should not be left alone. Therefore, the Mumtaz Ibadurrahman Islamic Boarding School made efforts to increase students' interest in learning by using positive reinforcement techniques. The purpose of this study is to carry out Islamic guidance and counseling with positive reinforcement techniques to increase interest in learning in Mumtaz Ibadurrahman Islamic Boarding School students, Tangerang. This type of research is field research (field research) which is descriptive qualitative. Sources of data in this study, namely 8 class II female students, 1 school principal and 2 ustadzah. Data collection techniques used are interviews, observation, and documentation. The data analysis technique used is the data analysis model of Miles and Huberman, which consists of data reduction, data presentation and conclusions. The results of this study indicate that the implementation of Islamic guidance and counseling with positive reinforcement techniques to increase students' interest in learning is carried out through five stages, namely: 1) The observation stage, namely observing students' study habits, daily life of students and conducting discussions about students' learning outcomes. 2) The determination stage, namely collecting data to determine the problems of the students and their background. 3) Determination stage, at this stage the activities carried out are determining the therapy given according to the problem and background. 4) The treatment stage (therapy), at this stage the activities carried out are the application of positive reinforcement techniques that are verbal and verbal which are carried out when teaching and learning activities take place. 5) Evaluation stage, at this stage what is done is to look at the changes that occur in the students before and after getting reinforcement. The conclusion of this study is that positive reinforcement techniques to increase students' interest in learning have been successfully carried out and have had a positive effect by changing the classroom atmosphere when teaching and learning activities take place. Keywords: Islamic Guidance and Counseling, Interest in Learning, Positive Reinforcement Techniques

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Jul 2023 07:17
Last Modified: 14 Jul 2023 07:17
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28883

Actions (login required)

View Item View Item