PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS VIDEO ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DENGAN MENGGUNAKAN KINEMASTER

Lusiana, Suntoro (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS VIDEO ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DENGAN MENGGUNAKAN KINEMASTER. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI LUSIANA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Media pembelajaran merupakan sarana untuk mempermudah kegiatan proses pembelajaran Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis video animasi dengan menggunakan kinemaster terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik pada materi bangun ruang sisi datar. Mengetahui kelayakan media pembelajaran dan mengetahui respon peserta didik terhadap media pembelajaran tersebut. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan metode research and development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Responden dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII Mts Matha‟ul Anwar Sidowaluyo. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes, dan dokumen. Validasi produk dilakukan oleh ahli materi dan ahli media, dengan metode pengumpulan data berupa angket penilaian untuk menguji kelayakan produk. Uji kemenarikan dilakukan pada skala kecil dan skala besar, kemudian uji kemenarikan oleh pendidik. Pengembangan dalam penelitian ini memperoleh kesimpulan (1) Hasil validasi ahli materi memperoleh rata – rata 87% dengan kategori sangat baik. Hasil validasi media memperoleh rata – rata 81% dengan kategori sangat baik. (2)Hasil uji coba media pembelajaran skala kecil memperoleh rata – rata 81% dengan kategori sangat baik. Hasil uji coba media pembelajaran skala besar memperoleh rata – rata 75% dengan kategori baik. Hasil uji coba media pembelajaran oleh pendidik memperoleh rata – rata 84,5% dengan kategori sangat baik. Media pembelajaran berbasis video animasi layak dipergunakan dan dapat dipergunakan sebagai sumber belajar. Hasil uji pemahaman konsep memperoleh rata – rata nilai 61% dengan kategori baik sehingga media pembelajaran dapat dipergunakan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis Kata Kunci : Media Pembelajaran, kinemaster, kemampuan pemahaman konsep matematis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Jul 2023 07:10
Last Modified: 14 Jul 2023 07:10
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28882

Actions (login required)

View Item View Item