INDAH, SAPRIYANI (2023) ANALISIS POLA ASUH ORANGTUA TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SDN 06 WAY SERDANG KABUPATEN MESUJI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (4MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pola asuh yang diterapkan orang tua kelas V SDN Negeri 06 Way Serdang Mesuji, dan bagaimana kedisiplinan belajar peserta didik kelas V SDN Negeri 06 Way Serdang Mesuji. Orang tua memiliki peran yang sangat penting dalam menumbuh kembangkan kemandirian anak, karena orang tua selain sebagai pemimpin, juga sebagai guru pertama, pembimbing, pengajar, fasilitator, dan sebagai teladan bagi anak�anaknya. Penerapan pola asuh orang tua yang berbeda- beda ke anak akan menimbulkan karakter yang berbeda pula terlebih pada kedisiplinan belajar yang ditunjukkan anak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan angket. Dimana teknik angket digunakan untuk mengetahui jenis pola asuh yang diterapkan oleh orang tua peserta didik kelas V SD Negeri 06 Way Serdang. Teknik wawancara dan observasi untuk mengukur dan mengetahui kedisiplinan belajar yang ditunjukkan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan analisis pola asuh orang tua terhadap kedisiplinan belajar peserta didik meliputi: dari 30 peserta didik, 20 orang tua menerapkan pola asuh demokratis, 7 orang tua menerapkan pola asuh permisif, dan 3 orang tua menerapkan pola asuh otoriter. Kategori kedisiplinan belajar peserta didik ditinjau dari sikap yang ditunjukkan peserta didik selama pembelajaran melalui nilai Ujian Akhir Semester (UAS). Namun pola asuh orang tua bukan satu- satunya faktor yang mempengaruhi kedisiplinan belajar, melainkan ada faktor lain seperti, faktor dari dalam diri invidu peserta didik, teman, lingkungan, dan suasana pembelajaran yang diciptakan oleh guru. Kata Kunci: Pola Asuh Orang Tua, Kedisiplinan Belajar ABSTRAK This study aims to describe the parenting style applied by parents of class V SDN Negeri 06 Way Serdang Mesuji, and how the students learn discipline in class V SDN Negeri 06 Way Serdang Mesuji. Parents have a very important role in developing children's independence, because parents apart from being leaders, are also the first teachers, mentors, instructors, facilitators, and role models for their children. The application of different parenting styles to children will also lead to different characters, especially in the discipline of learning shown by children. This study uses qualitative research research methods. Data collection techniques in this study used observation, interviews, and questionnaires. Where the questionnaire technique was used to find out the type of parenting style applied by the parents of fifth grade students at SD Negeri 06 Way Serdang. Interview and observation techniques to measure and know the learning discipline shown by students. The results showed that the analysis of parenting styles on students' learning discipline included: out of 30 students, 20 parents adopted democratic parenting, 7 parents adopted permissive parenting, and 3 parents adopted authoritarian parenting. The category of student learning discipline is viewed from the attitude shown by students during learning through the Semester Final Examination (UAS) scores. However, parenting style is not the only factor that influences learning discipline, but there are other factors such as factors from within individual students, friends, the environment, and the learning atmosphere created by the teacher. Keywords: Parenting Patterns, Study Disciplin
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 14 Jul 2023 06:57 |
Last Modified: | 14 Jul 2023 06:57 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28881 |
Actions (login required)
View Item |