IMPLEMENTASI BBL BERBANTU ICE BREAKING GAMES TERHADAP PENALARAN MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN RESILIENSI MATEMATIS PESERTA DIDIK

DEVIRA, FITRIANA (2023) IMPLEMENTASI BBL BERBANTU ICE BREAKING GAMES TERHADAP PENALARAN MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN RESILIENSI MATEMATIS PESERTA DIDIK. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1-2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI DEVIRA FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh implementasi BBL berbantu Ice Breaking Games terhadap penalaran matematis peserta didik, apakah terdapat pengaruh kemampuan resiliensi matematis terhadap penalaran matematis peserta didik, dan apakah terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan resiliensi matematis terhadap penalaran matematis peserta didik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Sendang Agung, teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan cluster random sampling dimana kelas VIII A sebagai kelas eksperimen 1 dengan pembelajaran BBL berbantu ice breaking games, kelas VIII B sebagai kelas eksperimen 2 dengan pembelajaran BBL, kelas VIII C sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran ceramah dan penugasan. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji anova dua jalan. Berdasarkan hasil uji, hipotesis pertama menunjukkan nilai dengan dan derajat signifikasi sebesar 0,05. Hal tersebut menunjukkan sehingga ditolak dan diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran BBL berbantu Ice Breaking Games terhadap kemampuan penalaran matematis peserta didik. Untuk hipotesis kedua menunjukkan nilai dengan dan derajat signifikasi sebesar 0,05. Hal tersebut menunjukkan sehingga ditolak dan diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Resiliensi Matematis terhadap kemampuan penalaran matematis peserta didik. Dan hipotesis ketiga menunjukkan nilai dengan dan derajat signifikasi sebesar 0,05. Hal tersebut menunjukkan sehingga diterima dan ditolak. Sehingga disimpulkan bahwa tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan resiliensi matematis terhadap kemampuan penalaran matematis peserta didik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Jul 2023 04:07
Last Modified: 14 Jul 2023 04:07
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28878

Actions (login required)

View Item View Item