PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING MELALUI LAYANAN INFORMASI DALAM MENCEGAH PERILAKU BULLYING PADA PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 19 BANDAR LAMPUNG

DESMAN, PRATAMA (2023) PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING MELALUI LAYANAN INFORMASI DALAM MENCEGAH PERILAKU BULLYING PADA PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 19 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 2, DAPUS DESMAN PRATAMA.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI DESMAN PRATAMA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Pemahaman bahaya bullying perserta didik kelas VII SMPN 19 Bandar Lampung masih rendah. Di SMPN 19 Bandar Lampung yang merupakan sekolah inklusi, kejadian bullying tidak hanya terjadi pada siswa kerkebutuhan khusus tetapi juga pada siswa regular. Sekola sudah berupaya mencegah dan mengurangi terjadi tindakan bullying pada siswa melalui layanan informasi bimbingan konseling (BK) . walaupun upaya tersebut sudah di laksanakan , namun kasus bullying si SMPN 19 Bandar Lampung asih terjadi, Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yaitu penelitian lapangan dengan tujuan mendeskripsikan fenomena-fenomena yang di temukan di lapangan berupa kata-kata tertulis dari orang orang yang telah di tentukan sebelumnya. Sebelumnya, jenis penelitian model ini berisi kutipan-kutipan data dalam bentuk narasi data yang berbentuk narasi tersebut berasal dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: pertama, tahapan-tahapan yang di lakukan guru BK dengan mengatasi perilaku bullying, yaitu mengidentifikasi masalah, memberikan layanan BK, memberikan hukuman kesdisplinan. Kedua, peran guru BK dalam mengatasi perilaku bullying siswa dapat dilakukan dengan cara yaitu memberikan layanan klasikal, dengan metode diskusi atau ceramah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Jul 2023 03:09
Last Modified: 14 Jul 2023 03:09
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28873

Actions (login required)

View Item View Item