MANAJEMEN PELAYANAN HAJI DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA BANDAR LAMPUNG

Reni, Astuti (2023) MANAJEMEN PELAYANAN HAJI DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI RENI ASTUTI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Pelayanan jamaah haji tak lepas dari proses manajemen. Kementerian Agama mempunyai tanggung jawab pelaksanaan tugas dalam melayani di bidang penyelenggaraan ibadah haji dan umrah. Sehingga para calon jamaah haji dapat berjalan dengan baik dan lancar, Kantor Kementerian Agama Kota Bandar Lampung memberikan pelayanan bimbingan dan pelatihan kepada calon jamaah haji agar dapat melaksanakan ibadah haji dengan sempurna dan mandiri. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan fungsi manajemen dalam pelayanan haji dan bagaimana manajemen pelayanan haji di Kantor Kementerian Agama Kota Bandar Lampung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Penelitian ini bersifat penelitian kualitatif deskriptif yang merupakan penelitian untuk menyelidiki suatu keadaan atau hal lainnya, dalam penulisan ini berisi fakta yang diungkapkan di lapangan dan disajikan dalam laporan. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data primernya adalah kepala seksi PHU, dan pelaksana seksi PHU Kemenag Bandar Lampung. Fokus penelitian ini yaitu manajemen pelayanan haji di Kantor Kementerian Agama Kota Bandar Lampung tahun 2022. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan fungsi manajemen dalam pelayanan haji dan manajemen pelayanan oleh Kementerian Agama Kota Bandar Lampung di mulai dari pendaftaran, manasik haji, pemberangkatan sampai pemulangan yang cukup baik sesuai dengan fungsi manajemen dan memenuhi standar operasional prosedur yang di tetapkan. Sehingga rangkaian dari pemberangkatan sampai pemulangan berjalan dengan lancar dan jamaah haji merasa cukup puas dari pelayanan tersebut. Walaupun masih terdapat kendala pada penerapan fungsi pengorganisasiannya yaitu masih terjadi tumpeng tindih pekerjaan (over lapping job). Akibatnya pelayanan yang diberikan kurang efektif dan efisien sehingga para calon jamah haji yang akan mendaftar haji harus menunggu lama untuk mendapatkan pelayanan. Kata Kunci : Manajemen, Pelayanan, Haji. ABSTRACT The service of pilgrims cannot be separated from the management process. The Ministry of Religious Affairs has the responsibility of carrying out duties in serving in the field of Hajj and Umrah. So that prospective pilgrims can run well and smoothly, the Bandar Lampung City Ministry of Religious Affairs Office provides guidance and training services to prospective pilgrims so that they can carry out the Hajj perfectly and independently. The formulation of the problem in this study is how to implement the management function in Hajj services and how to manage Hajj services at the Office of the Ministry of Religious Affairs Bandar Lampung City. The type of research used is field research. This research is descriptive qualitative research which is research to investigate a situation or other thing, in this writing contains facts revealed in the field and presented in reports. Data collection using interview, observation and documentation methods. The primary data sources are the PHU section head, and the PHU section executor of the Bandar Lampung Ministry of Religious Affairs. The focus of this research is the management of Hajj services at the Bandar Lampung City Ministry of Religious Affairs Office in 2022. The results of this study show that the implementation of management functions in Hajj services and service management by the Ministry of Religious Affairs of Bandar Lampung City starting from registration, Hajj management, departure to return is quite good in accordance with the management function and meets the standard operating procedures set. So that the series from departure to return runs smoothly and pilgrims feel quite satisfied from the service. Although there are still obstacles in the implementation of the organizing function, there is still overlapping work (over lapping job). As a result, the services provided are less effective and efficient so that prospective pilgrims who will register for Hajj have to wait a long time to get services. Keywords : Management, Service, Hajj.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Jul 2023 02:53
Last Modified: 14 Jul 2023 02:53
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28871

Actions (login required)

View Item View Item