PERAN GURU SEBAGAI MOTIVATOR DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMK NEGERI 7 BANDAR LAMPUNG

Maulena, Neli (2018) PERAN GURU SEBAGAI MOTIVATOR DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMK NEGERI 7 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Full_NELI.pdf] PDF
Download (68MB)

Abstract

Keberhasilan pencapaian tujuan pendidikan disekolah dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya adalah motivasi belajar peserta didik. Karena motivasi merupakan dorongan yang diberikan kepada individu (peserta didik) untuk melaksanakan pembelajaran. Motivasi dalam belajar berperan sebagai usaha yang mendorong peserta didik agar mau belajar. Dalam kegiatan belajar mengajar, guru merupakan orang pertama yang harus menyadari kedudukannya sebagai motivator, karena salah satu tugas guru adalah menggali motivasi dan menambah prestasi belajar pada peserta didik. Dengan demikian rumusan masalah yang penulis kemukakan adalah “usaha apa yang dilakukan oleh guru sebagi motivator dalam pembelajaran PAI dan apa saja faktor pendukung dan penghambat mengenai peran guru sebagai motivator dalam pembelajaran PAI di SMK Negeri 7 Bandar Lampung”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana usaha yang dilakukan oleh guru sebagai motivator pembelajaran PAI dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pemberian motivasi terhadap peserta didik di SMK Negeri 7 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi.Sedangkan Teknik Analisis data dalam penelitian ini mengunakan data reduction, data display (penyajian data), dan conclusion drawing/verification, dengan subyek penelitian guru PAI dan peserta didik. Sedangkan uji keabsahan data dilakukan dengan pengamatan dan triangulasi. Triangulasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber atau metode. Kesimpulan penelitian ini, usaha peran guru sebagai motivator dalam pembelajaran belum terlaksana dengan baik, dibuktikan dengan : yaitu kurangnya usaha guru dalam memberikan hadiah, memberikan pujian dan memberitahu hasil peserta didik. Faktor penghambatnya adalah guru kurang mendapatkan pelatihan sehingga guru tidak melaksanakan peranannya dengan penuh, kurangnya sarana dan prasarana, kurangnya perhatian dari orang tua, dan pengaruh teman sebaya dan faktor pendukungnya adalah peserta didik mudah untuk diatur juga mempunyai keinginan untuk belajar dan guru (pendidik) yang selalu maksimal berusaha menerapkan atau melaksanakan tugas guru sebagai motivator yang baik dalam pembelajaran. Kata Kunci : Guru PAI, Motivasi, Pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Users 516 not found.
Date Deposited: 09 Jan 2018 02:14
Last Modified: 09 Jan 2018 02:14
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2887

Actions (login required)

View Item View Item