PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING BERBANTU APLIKASI PIXELLAB TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS MATEMATIS DAN BERPIKIR KREATIF SISWA DIERA DIGITAL

IRAWAN, Syamsuddin (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING BERBANTU APLIKASI PIXELLAB TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS MATEMATIS DAN BERPIKIR KREATIF SISWA DIERA DIGITAL. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1-2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI IRAWAN FIX.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan berpikir logis matematis dan berpikir kreatif merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh peserta didik. Hasil pra penelitian di kelas 8.1 dan 8.2 SMP Negeri 5 Bandar Lampung menunjukan kemampuan berpikir logis matematis dan berpikir kreatif peserta didik tergolong rendah, dimana peserta didik masih banyak yang mendapatkan nilai dibawah KKM (KKM = 75). Peneliti tertarik untuk menerapkan model pembelajaran dalam upaya mengatasi permasalahan yang menghambat perkembangan kemampuan berpikir logis matematis dan berpikir kreatif peserta didik. Model pembelajaran yang digunakan yaitu Mind Mapping dengan bantuan aplikasi PixelLab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Mind Mapping berbantu aplikasi PixelLab terhadap kemampuan berpikir logis matematis dan berpikir kreatif peserta didik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Qusy Experimental Design. Populasi pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Bandar Lampung. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas 8.1, 8.3 dan 8.5. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Manova dengan taraf signifikasi 0,05 dan diperoleh kesimpulan (1) terdapat pengaruh model pembelajaran Mind Mapping berbantu aplikasi PixelLab terhadap kemampuan berpikir logis matematis dan berpikir kreatif peserta didik, (2) terdapat pengaruh model pembelajaran Mind Mapping berbantu aplikasi PixelLab terhadap kemampuan berpikir logis matematis peserta didik, (3) terdapat pengaruh model pembelajaran Mind Mapping berbantu aplikasi PixelLab terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Kata Kunci : Model pembelajaran Mind Mapping, Aplikasi PixelLab, Kemampuan Berpikir Logis Matematis, Kemampuan Berpikir Kreatif

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Jul 2023 07:12
Last Modified: 13 Jul 2023 07:12
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28869

Actions (login required)

View Item View Item