PENGARUH PENGGUNAAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS DISCOVERY LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK KELAS V SDN TANJUNG SARI OKU TIMUR

TRI, YANA (2023) PENGARUH PENGGUNAAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS DISCOVERY LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK KELAS V SDN TANJUNG SARI OKU TIMUR. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI TRI YANA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH PENGGUNAAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS DISCOVERY LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK KELAS V DI SDN TANJUNG SARI OKU TIMUR Oleh: Tri Yana Pembelajaran IPA yang masih menekankan pada hasil sedangkan proses belum dilaksanakan secara maksimal. Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran yang masih berpusat pada guru dan cenderung masih pasif. Pemilihan bahan ajar dan model pembelajaran yang kurang tepat dan juga kurang bervariasi. Sehingga Peserta didik tidak memperoleh kesempatan secara optimal dalam melakukan interaksi bersama teman, baik dalam hal diskusi maupun mengemukakan pendapatnya. Keterampilan-keterampilan yang dimiliki oleh peserta didik belum juga dikembangkan secara maksimal.. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dan respon peserta didik terhadap pembelajaran dengan menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Discovery Learning Terhadap Peningkatkan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik SD Negeri Tanjung Sari OKU Timur. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif jenis Quasy Eksperimental Design. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN Tanjung Sari OKU TIMUR, dengan jumlah populasi 40 peserta didik. Sampel penelitian yaitu kelas V A sebagai kelas eksperimen dengan penggunaan LKPD berbasis Discovery Learning dan kelas V B sebagai kelas kontrol tanpa menggunakan LKPD Umum. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas dengan menggunakan SPSS V. 25. Dilanjutkan dengan uji hipotesis dengan uji-t independent. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep peserta didik tentang materi organ gerak hewan dan manusia, yang diperoleh peserta didik di kelas eksperimen mengalami peningkatan. Rata-rata nilai pretest kelas eksperimen sebesar 65.75 dan rata-rata nilai posttest sebesar 84.50 sehingga mengalami peningkatan sebesar 18,75. Rata-rata nilai pretest kelas kontrol sebesar 65,25 dan rata-rata nilai posttest sebesar 75,50 sehingga mengalami peningkatan sebesar iv 10,25. Dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan secara signifikan skor hasil peserta didik kelompok kontrol atau di kelas kontrol. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t menunjukkan nilai t hitung > t tabel, dengan nilai t hitung 7,698 dan nilai t tabel 2,09302 pada taraf signifikan 0,05, hal ini berarti bahwa ada Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Discovery Learning Pada Materi Organ Gerak Hewan Dan Manusia Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas V Di SDN Tanjung Sari. Berdasarkan hasil analisis angket respon perserta didik terhadap pembelajaran IPA menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Discovery Learning, diperoleh presentase jawaban perserta didik yang menyatakan sangat setuju sebesar 86,96%, setuju sebesar 10,52% dan presentase ragu-ragu sebesar 2,50%. Ini memberikan pengertian bahwa dari 20 orang perserta didik sebanyak 86,96 % memberikan respon sangat setuju terhadap kegiatan pembelajaran dengan menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Discovery Learning pada materi organ gerak hewan dan manusia. Kata Kunci: Pengaruh, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Discovery Learning, Keterampilan Proses Sains

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Jul 2023 07:02
Last Modified: 13 Jul 2023 07:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28868

Actions (login required)

View Item View Item