UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA SISWA MELALUI STRATEGI TIME TOKEN ARENDS BERBATUAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IVC MIN II PRINGSEWU, LAMPUNG.

Wulan, Agindari (2023) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA SISWA MELALUI STRATEGI TIME TOKEN ARENDS BERBATUAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IVC MIN II PRINGSEWU, LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of WULAN FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan berbicara peserta didik hal ini dapat diamati pada saat siswa menyampaikan pendapat, siswa terkesan kesulitan untuk mengungkapkan apa yang ingin mereka ungkapkan, dimana masih terdapat banyak pelafalan yang tidak jelas, penggunaan kosa kata yang tidak sesuai, dan banyak terjadinya kesalahan struktur bahasa. Salah satu pemecahan masalah yang berkaitan dengan rendahnya keterampilan berbicara pada siswa adalah melalui penerapan strategi pembelajaran Time Token Arends berbatuan media audio visual yang diharapkan dapat meningkatkan keterampilan berbicara pada anak. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah “Apakah penerapan strategi pembelajaran Time Token Arends berbantuan media audio visual dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada Pembelajaran tematik di kelas IVC MIN Pringsewu, Lampung?”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa melalui penerapan strategi Time Token Arends berbantuan media audiovisual. Dan penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dirancang dalam tiga siklus dimana dalam setiap siklusnya terdiri dari kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kulitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui strategi Time Token Arends berbantuan media audiovisual dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Pada pra penelitian, diketahui bahwa capaian keterampilan berbicara peserta didik dari peserta didik, terdapat peserta didik ( ) yang memiliki keterampilan berbicara yang baik, dan iv sebanyak peserta didik ( ) memiliki tingkat keterampilan berbicara yang rendah. Pada siklus I keterampilan berbicara peserta didik mengalami peningkatan yakni dari peserta didik yang tuntas peserta didik ( %), dan yang tidak tuntas sebanyak orang ( ). Dilanjutkan pada siklus II ini peserta didik mengalami peningkatan dalam keterampilan berbicara, dari peserta didik, terdapat ( . %) orang yang telah mencapai batas minimun, dan terdapat ( . ) orang siswa yang belum memenuhi batas nilai minimum. Kemudian pada siklus III dari peserta didik terdapat Orang siswa ( %) telah mencapai batas nilai minimum, dan hanya Orang siswa ( ) yang belum mencapai batas minimum. Dengan demikian dapat diketahui dari hasil tes keterampilan berbicara peserta didik kelas IV C mengalami peningkatan sebesar . . Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi Time Token Arends berbatuan media audio visual dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IVC di MIN Pringsewu tahun ajaran . Kata Kunci :Strategi Time Token Arends , Keterampilan Berbicara, dan Media Audiovisual. v ABSTRACT This research is motivated by the low speaking skills of students, this can be observed when students express opinions, students seem to have difficulty expressing what they want to express, where there are still many unclear pronunciations, inappropriate use of vocabulary, and many occurrences language structure errors. One of the solutions to problems related to low students' speaking skills is through the application of the Time Token Arends learning strategy with audio-visual media which is expected to improve children's speaking skills. The formulation of the problem from this research is "Is the application of the Time Token Arends learning strategy assisted by audio-visual media can improve students' speaking skills in thematic learning in class IVC MIN Pringsewu, Lampung?". The purpose of this study is to improve students' speaking skills through the implementation of the Time Token Arends strategy assisted by audiovisual media. And this research is a class action research (Classroom Action Research) designed in three cycles where each cycle consists of meetings. Data collection techniques used are observation, tests and documentation. The data analysis technique used is qualitative and quantitative analysis. The results of this study indicate that through the Time Token Arends strategy assisted by audiovisual media can improve students' speaking skills. In the pre-research, it was found that out of students' speaking skills, students ( ) had good speaking skills, and students ( ) had low speaking skills. In cycle I, students' speaking skills experienced an increase, from students who completed students ( ), and students who did not complete ( ). Continuing in cycle II, students experienced an increase in speaking skills, out of students, there were ( ) people who had reached the minimum mark, and there were ( ) students who had not met the minimum mark. Then in cycle III of students there were students ( ) who had reached the minimum mark, and only students ( ) who had not reached the minimum mark. Thus it can be seen from the results of the speaking skills test of students in class IV C that it has increased by . Based on the vi results of research and data analysis, it can be concluded that the application of the Time Token Arends strategy with audio-visual media can improve the speaking skills of IVC class students at MIN Pringsewu in the academic year. Keywords: Time Token Arends Strategy, Speaking Skills, and Audiovisual Media.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Jul 2023 04:14
Last Modified: 13 Jul 2023 04:14
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28867

Actions (login required)

View Item View Item