PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SOLE (SELF ORGANIZED LEARNING ENVIRONMENTS) AND SELF-REGULATED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI ERA INDUSTRI 4.0

Nela, Rahmalita (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SOLE (SELF ORGANIZED LEARNING ENVIRONMENTS) AND SELF-REGULATED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI ERA INDUSTRI 4.0. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK NELA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Salah satu hal yang mendorong peneliti dalam melakukan penelitian ini adalah dari hasil observasi pada mata kuliah praktek obsevasi sekolah yang peneliti lakukan sebelumnya dan dari hasil pra�penelitian yang telah saya lakukan di SMP Negeri 1 Kalirejo, di sana peneliti menemukan masalah mengenai kurangnya kesadaran budaya literasi siswa, yang berdampak pada tingkat kemandirian belajar siswa yang berkurang. Menurut beberapa jurnal yang telah saya baca dari penelitian sebelumnya, membuat saya tertarik menggunakan judul tersebut, apalagi model pembelajaran tersebut terbilang baru dan belum banyak diteliti, dengan menggunakan model pembelajaran SOLE guru diharapkan dapat memanfaatkan kecanggihan teknologi yang ada di era industri 4.0. Didapatkan data pra-penelitian dari 60 siswa kelas VIII E dan VIII G, ada 45 siswa atau sekitar 75% yang mendapatkan nilai kurang dari KKM ialah X < 70, lalu siswa yang memperoleh hasil memenuhi KKM X 70 hanya berjumlah 15 siswa atau sekitar 25%. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan penelitian eksperimen. Salah satu desain penelitian yang diterapkan dalam penelitian ini adalah desain penelitian Quasi Experimental. Penelitian ini menggunakan uji hipotesis (one-way Ancova) Analysis of Covariance, yang di dalamnya memiliki beberapa persyaratan yaitu: uji normalitas, uji homogenitas variasi data, uji homogenitas regresi, uji linieritas regresi. Berdasarkan hasil penelitian perhitungan uji hipotesis analisis kovarians dapat disimpulkan bahwa ditolak karena nilai pada model pembelajaran SOLE = 0,002 kurang dari ( ). Kesimpulannya bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran SOLE terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. ditolak karena nilai pada Self�Regulated Learning = 0,000 lebih dari ( ). Kesimpulannya bahwa terdapat pengaruh variabel kovariat Self�Regulated Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. ditolak karena nilai pada Corrected Model = 0,000 lebih dari ( ) Kesimpulannya bahwa terdapat pengaruh sebagai simultan model pembelajaran SOLE dan Self-Regulated Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Kata Kunci : Model SOLE, Self-Regulated Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah matematis

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Jul 2023 03:22
Last Modified: 13 Jul 2023 03:22
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28863

Actions (login required)

View Item View Item