TANGGUNG JAWAB ATAS KERUGIAN KONSUMEN AKIBAT HILANG, RUSAK DAN KETERLAMBATAN DALAM PENGIRIMAN BARANG PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi di Kantor Pos (Persero) Antasari Bandar Lampung)

ANDINI, PRASTIWI (2023) TANGGUNG JAWAB ATAS KERUGIAN KONSUMEN AKIBAT HILANG, RUSAK DAN KETERLAMBATAN DALAM PENGIRIMAN BARANG PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi di Kantor Pos (Persero) Antasari Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of ANDINI FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Aktifitas pengiriman barang tersebut selalu diikuti pemenuhan prestasi oleh masing-masing pihak yang bersepakat, tetapi dijumpai salah satu atau kedua belah pihak yang terlibat dalam perjanjian tidak memenuhi ketentuan dari perjanjian yang telah mereka sepakati, seperti terjadi komplain konsumen atas hilang atau rusaknya barang dalam pengiriman Rumusan masalah dalam skripsi adalah: pertama bagaimana sistem ganti rugi barang hilang dan rusak dalam pengiriman di PT. Pos Indonesia (Persero) Bandar Lampung Kedua, Bagaimana tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap sistem ganti rugi barang hilang dan rusak dalam pengiriman barang di PT. Pos Indonesia (Persero) Bandar Lampung. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field reseach) yaitu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana konsep Tanggung jawab yang di berikan oleh PT Pos Indonesia Cabang Bandar lampung terhadap Kehilangan,Kerusakan maupun Keterlambatan pada baran yang di kirm Dengan menggunakan tehnik wawancara untuk memperoleh informasi ataupun data dari lapangan. Sedangkan pendekatan yang peneliti gunakan adalah pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif. Berdasarkan pembahasan dalam penelitian ini maka diperoleh hasil bahwa penyelesaian pengiriman barang yang terjadi di PT. POS (Persero) Bandar Lampung tentang ganti rugi yang dilakukan oleh PT. POS (Persero) Bandar Lampung yang dilakukan dengan pemberian ganti rugi akan tetapi pemberian ganti rugi masih belum sesuai dikarenakan belum adanya uang ongkis kirim yang belum terbyar oleh pihak PT Pos indonesia Cabang Bandar Lampung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Jul 2023 02:48
Last Modified: 13 Jul 2023 02:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28861

Actions (login required)

View Item View Item